Kenapa Aplikasi di iPhone Hilang Sendiri? Ini Solusinya

Banyak pengguna iOS yang mengalami aplikasi di iPhone hilang sendiri. Kondisi seperti ini memang lumayan sering terjadi, sehingga membuat aktivitas kita jadi terganggu.

Hilangnya aplikasi di iPhone dapat disebabkan beberapa hal. Dikutip dari Noricson, masalah ini terjadi karena firmware dan tak sengaja menghapus atau menyembunyikan aplikasi tersebut.

Tapi jangan khawatir, cara mengatasi aplikasi di iPhone yang hilang sendiri sangatlah mudah. Kalau mau tahu, artikel ini akan mengulas lengkap beserta penyebabnya. Yuk simak!

Kenapa Aplikasi di iPhone Hilang Sendiri

Kenapa Aplikasi iPhone Hilang Sendiri?

Admin mau jelaskan beberapa alasan kenapa aplikasi iPhone hilang sendiri secara lebih lengkap. Sehingga nanti solusinya bisa lebih mudah dipahami.

Pada dasarnya, ada banyak penyebab aplikasi yang hilang sendiri, terutama di iPhone. Jenis aplikasinya pun beragam, entar itu Camera, Safari, hingga iTunes Store.

Berikut beberapa alasannya:

  • Tidak sengaja menghapus aplikasi
  • Aplikasi dipindah ke tempat lain
  • Fitur Pembatasan iOS dalam kondisi aktif
  • Aplikasi disembunyikan agar tidak bisa diakses orang lain

Setelah tahu penyebabnya, sekarang kita bisa mengidentifikasi masalah untuk menemukan solusi.

Oh iya, metode yang akan dijelaskan berikut berlaku untuk semua iPhone dan versi iOS. Baik yang versi lama maupun versi terbaru seperti iOS 17.

Cara Mengatasi Aplikasi iPhone Hilang Sendiri

Seperti yang kita tahu, iOS versi 14 ke atas sudah didukung fitur App Library. Fitur ini berfungsi untuk menyimpan aplikasi yang terinstal pada perangkat.

Dalam fitur tersebut, pengguna juga bisa menyembunyikan aplikasi jika dirasa “secret” dan tidak ingin diakses oleh pacar, istri, maupun orang lain.

Nah, bagaimana kalau iPhone kita belum memiliki fitur App Library? Jangan khawatir, ada banyak hal yang bisa dilakukan agar aplikasi yang hilang kembali muncul.

Berikut cara mengatasi aplikasi di iPhone hilang sendiri:

  • Cari aplikasi yang hilang dengan fitur Spotlight
  • Akses SIRI dan perintahkan untuk membuka aplikasi tertentu
  • Cek di App Store, apakah aplikasi memang terpasang atau sudah ter-uninstall
  • Install ulang aplikasi di App Store
  • Coba cek Screen Time dan buka menu “Aplikasi yang Dibatasi”
  • Reset Home Screen iPhone untuk me-refresh aplikasi yang terinstal

Selain metode-metode di atas, kamu juga bisa membuka akses halaman yang disembunyikan. Tujuannya agar pengecekan aplikasi yang hilang bisa lebih mudah.

Simpel banget, kan? Kalau semua cara yang admin jelaskan dilakukan dengan benar, aplikasi iPhone yang sebelumnya hilang dapat muncul kembali dan diakses secara normal.

Akhir Kata

Aplikasi maupun game yang terinstal di perangkat kita terkadang sering hilang sendiri. Kalau masalah ini terjadi, kamu jangan panik karena untuk memunculkannya kembali sangat mudah.

Demikian beberapa alasan kenapa aplikasi di iPhone hilang sendiri dan cara mengatasinya. Baca juga artikel lain di Normanardik.com untuk informasi seputar teknologi, tutorial, dan aplikasi.