Cek Sifat dan Karakter Melalui Weton di Enkosa.com

Weton atau hari kelahiran begitu lekat dengan masyarakat Jawa. Nilai-nilai budaya peninggalan leluhur tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Sampai hari ini, orang Jawa, terutama yang tinggal di desa masih percaya dengan weton.

Weton merupakan sebuah ilmu yang diyakini begitu akurat. Ini bisa terlihat dari banyaknya masyarakat Jawa yang melihat karakter atau sifat seseorang berdasarkan weton.

Bukan hanya itu, weton juga seringkali dijadikan patokan hari baik, jodoh, hingga rezeki. Kalau kamu ingin cek sifat dan karakter melalui weton, situs Enkosa.com bisa jadi rujukan.

Situs tersebut menyajikan informasi bermanfaat seputar weton, kalender jawa, adat kejawen, primbon, dan semua yang berhubungan dengan tradisi budaya Jawa.

Cara Mengetahui Sifat dan Karakter Melalui Weton 

Untuk mengecek sifat dan karakter melalui weton, hal paling penting adalah mengetahui tanggal dan hari lahir. Sebagai contoh, kamu lahir pada Senin 2 Mei 1994. Berdasarkan ilmu weton, tanggal 2 masuk ke dalam Senin Wage.

Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu apa itu “Pasaran”. Singkatnya, ini merupakan nama pekan di kepercayaan Jawa. Pasaran ada 5 hari, yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Adapun perhitungan weton tanggal lahir bisa diketahui dari tabel berikut:

Cek Sifat dan Karakter Melalui Weton

Tabel di atas menunjukkan perhitungan hari dan pasaran tanggal lahir. Jadi, jika kamu lahir hari Senin, maka kalkulasinya seperti ini:
Neptu Weton = Senin (4) + Wage (4) = 8
Bagaimana, sudah paham kan? Perhitungan di atas nantinya akan dijadikan rujukan untuk mengetahui sifat dan karakter seseorang.

Tafsiran Primbon Jawa Watak Seseorang

Dikutip dari Enkosa.com, tafsiran primbon Jawa dapat mengetahui watak seseorang. Tapi tentunya, ini tidak 100% benar. Kendati demikian, sebagian besar masyrakat Jawa masih berpegang teguh pada tradisi budaya ini.

Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan di atas, berikut penjelasannya:

Neptu Weton 7 > Pandito Kang Lelaku
Sifat atau karakter utama dari seseorang yang lahir di neptu weton 7 atau Selasa Wage adalah senang berpergian jauh. Istilah Jawa-nya seneng nglencer atau mbolang.

Neptu Weton 8 > Lakune Geni 
Seseorang yang lahir diweton 8 atau Selasa Legi dan Senin Wage memiliki karakter pendendam. Sesuai namanya “Lakune Geni”, berperilaku seperti bara api yang mudah emosi dan sulit dikendalikan.

Neptu Weton 9 > Lakune Angin
Neptu weton 8 dipercaya sangat plin-plan. Dengan kata lain, orang yang lahir Senin Legi dan Minggu Wage tidak berpendirian kuat, sehingga ia mudah terpengaruh oleh omongan orang lain.

Neptu Weton 10 > Pandito Mbangun Teki
Lahir pada neptu weton menjadikan karakter seseorang suka menasehati namun enggan dinasehati balik. Sisi baiknya, kamu punya kepribadian mudah bersosialisasi dan cerdas.

Neptu Weton 11 > Lakune Setan
Karakter orang yang lahir di neptu weton 11 bisa dibilang tidak cocok jadi pemimpin, baik di perusahaan maupun pemerintah. Pasalnya, keputusan yang diambil selalu plin-plan dan tidak tegas.

Selengkapnya untuk Neptu Weton 12, 13, 14, 15, 16, 17, dan 18 bisa kamu cek di Enkosa.com.

Akhir Kata

Meskipun banyak masyarakat Jawa yang masih percaya weton, sebaiknya jangan dijadikan pedoman hidup. Kepercayaan mutlak hanya boleh ditujukan kepada Sang Pencipta, yakni Tuhan Yang Maha Esa.

Jadi, itulah beberapa hal yang dapat diketahui perihal cek sifat dan karakter seseorang melalui weton. Informasi lengkap seputar kejawan maupun tradisi Jawa lainnya bisa kamu temukan di www.enkosa.com. Semoga bermanfaat!