6 Toko Oleh-Oleh di Palembang Terpopuler, Harga 15-100 ribu!

Toko Oleh-Oleh di Palembang

Seperti halnya di kota-kota lain, mencari toko oleh-oleh khas Palembang sangatlah mudah. Di setiap ruas jalan kita dapat melihat pusat perbelanjaan yang menjual kerupuk, kemplang, pempek, burgo, tempoyak, hingga pindang patin.

Bukah makanan khas Palembang saja, oleh-oleh non kuliner juga tersedia, seperti kaos, gantungan kunci, dan kain songket. Tentunya semua dapat kamu beli untuk sanak saudara atau keluarga yang menunggu di rumah.

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti ingin membeli oleh-oleh kalau berkunjung ke suatu daerah. Apalagi daerah tersebut memiliki banyak destinasi wisata favorit.

Untuk kamu yang bingung toko oleh-oleh di Palembang paling populer, artikel ini akan mengulas rekomendasi lengkap. Yuk simak!

Apa Saja Oleh-Oleh Khas Palembang?

Bicara soal oleh-oleh khas Palembang, yang paling terkenal adalah pempek. Bahkan, pempek bisa ditemui hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Jenis pempek pun beragam, mulai dari kapal selam hingga lenjer.

Tapi tahukah kamu? Selain pempek masih banyak oleh-oleh yang tak kalah menarik untuk dicoba. Tentunya masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Berikut beberapa oleh-oleh khas Palembang yang dirangkum dari kubuspedia.com:

FoodNon-food
PempekKain Songket
TempoyakTanjak
Pecah SeribuSajadah Lihab
Kue Delapan JamKipas Songket
Kue KojoKaos
TekwanMiniatur Rumah Limas
KemplangGantungan Kunci Jembatan Ampera
Lempok DurianKain Jumputan

Semua daftar di atas bisa jadi souvenir saat mengunjungi Palembang. Tapi khusus makanan, sebaiknya perhatikan ketahanannya. Sebab, sebagaian besar kurang cocok dibawa perjalanan berhari-hari, kecuali naik pesawat.

Daftar Toko Oleh-Oleh di Palembang

Ada banyak rekomendasi toko oleh-oleh di Palembang yang populer dan terlengkap. Jumlahnya mungkin ratusan outlet. Sebab keterbatasan halaman, Normanardik.com akan mengulas 6 toko yang paling direkomendasikan.

Berikut nama toko atau pusat oleh-oleh khas Palembang dan alamatnya:

1. Rumah Oncak

Di daftar pertama ada Rumah Oncak yang menjual berbagai makanan dan souvenir khas Palembang, Sumatera Selatan. Di toko yang berada di Jl. Enim Raya ini kamu bisa membeli pempek frozen, kerupuk kemplang, hingga kain songket.

Menariknya, Rumah Oncak menyediakan tester untuk wisatawan yang baru pertama berkunjung. Sehingga, kamu dapat menyesuaikan selera dengan makanan khas yang ingin dibawa pulang.

Alamat: Jl. Enim Raya, Suka Maju, Kec. Sako, Kota Palembang
Operasional: 09.00 - 21.00 (Minggu 09.00 - 22.00)
Kontak: Instagram @rumah_oncakpalembang

2. Pasar Ilir 16 Palembang

Pasar Ilir 16 Palembang sangat populer di kalangan wisatawan. Ini bisa jadi pilihan terbaik untuk mencari oleh-oleh di kota yang identik dengan Jembatan Ampera-nya. Berbagai jenis makanan dan cinderamata dapat ditemukan di sini.

Pasar Ilir 16 memiliki banyak toko seperti pasar pada umumnya. Jadi, tak perlu berpindah lokasi, cukup telusuri kios-kios yang menjual oleh-oleh sesuai keinginan kamu.

Alamat: Jl. Pasar Baru, 16 Ilir, Ilir Timur I, Kota Palembang
Operasional: 08.00 - 16.00
Kontak: 0711357583

3. Pusat Oleh-Oleh Lenggok

Lenggok adalah nama pusat oleh-oleh Palembang 24 jam. Sebenarnya tidak spesifik seharian penuh, karena buka dari jam 6 pagi dan tutup jam 11 malam. Namun, jam operasionalnya paling lama dibanding tempat lain.

Lenggok layaknya “surga” bagi pemburu oleh-oleh khas Palembang. Di sini tersedia ragam makanan, seperti pempek hingga kerupuk kemplang. Selain itu, berbagai jenis kain dan baju jadi juga dijual dengan harga bervariatif.

Alamat: Jl. Tasik, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang
Operasional: 06.00 - 23.00
Kontak: (0711) 5731778

4. Palembang Lamonde

Lamonde adalah toko oleh-oleh punya artis Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Bisa dibilang ini salah satu bisnis artis yang masih bertahan saat ini. Ada 4 cabang yang bisa dikunjungi, lokasi utama terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan.

Lamonde menawarkan ragam produk, namun yang jadi andalan adalah Lapis Ampera dan Rollcake-nya. Untuk harga, mulai dari Rp33.000 dan bisa lebih murah saat menjelang Idul Fitri.

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 76, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil
Operasional: 07.00 - 22.00
Kontak: (0711) 5733453

5. Pempek Ellen

Pempek Ellen menyediakan makanan khas Palembang untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu bisa temui semua jenis pempek, kerupuk, dan produk olahan lainnya. Pempek Ellen beralamat di Jl. Jenderal Sudirman di pusat kota.

Kalau kamu mencari pusat oleh-oleh khas Palembang yang buka sampai tengah malam, toko ini bisa dikunjungi. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 - 22.00 WIB.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.2088, 20 Ilir D. III, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang
Operasional: 08.00 - 22.00
Kontak: 0821-8075-9187

6. Pempek Candy

Belum ke Palembang kalau tidak berkungjung ke Pempek Candy. Ya, ini termasuk toko oleh-oleh khas Palembang dan harganya pun sangat terjangkau. Produk utama di sini jelas pempek, tetapi produk lain juga tersedia.

Kalau kamu penasaran seperti apa rasa pempek yang benar-benar asli Palembang, wajib banget datang ke sini. Cuko-nya dijamin berbeda dari tempat lain, makan satu pasti terasa kurang!

Alamat: Jl. Letjen Harun Sohar No. 99, Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami
Operasional: 04.00 - 21.30
Kontak: (0711) 417319

Akhir Kata

Palembang dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”. Kota di Sumatera Selatan ini memiliki ratusan destinasi menarik, seperti Jembatan Ampera, Sungai Musi, hingga Masjid Cheng Ho. Sehingga tak heran jadi pilihan banyak wisatawan.

Demikian beberapa rekomendasi toko oleh-oleh di Palembang yang wajib dikunjungi. Kamu bebas membeli produk kuliner maupun non-kuliner dengan harga bersahabat.