Resep Bakwan Sayur Gandum, Cemilan Sehat dan Lezat Menu Buka Puasa!

Bakwan Sayur Gandum

Siapa sih, yang tidak tahu gorengan? Cemilan dengan berbagai jenis bahan baku ini jadi favorit, termasuk aku yang suka banget makan gorengan. Saking populernya, banyak lho yang menjadikan gorengan sebagai menu buka puasa.

Sebab, kita bisa pilih jenis gorengan apapun dengan rasa yang enak dan juga mengenyangkan. Selain itu, jangan lupa kalau gorengan itu murah meriah!

Salah satu jenis gorengan yang populer adalah bakwan. Bakwan termasuk gorengan dengan bahan baku tepung terigu dan dibuat dengan campuran sayur, seperti wortel, tauge, kol, dan sayuran lainnya.

Bakwan ini jadi salah satu favorit di keluarga gorengan, lho! Bakwan punya rasa khas yang lezat dan juga crispy. Nah, bakwan ini punya banyak macam, mulai dari bakwan jagung, bakwan udang, hingga Bakwan Sayur Gandum.

Sebenarnya, bikin bakwan sendiri di rumah tuh gampang, kok! Nah kalau kamu tertarik bikin bakwan di rumah, aku rekomendasiin bikin bakwannya pakai Kobe Tepung Bakwan Kress, ya! Tepung ini jadi rahasia keluarga Indonesia untuk bikin bakwan yang enak, lho!

Alasannya, Kobe Tepung Bakwan Kress ini terbuat dari rempah asli pilihan. Habis itu, adonan udah berbumbu lengkap dengan rasa yang pas, jadi kamu tak perlu repot lagi campurin bumbu lainnya.

Kobe Tepung Bakwan Kress ini juga bisa kamu pakai untuk membuat aneka gorengan. Kalau pakai tepung ini, tekstur gorengannya tuh renyah di luar dan empuk di dalam, enak banget, deh!

Belum lagi, tepung ini juga tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan, jadi kamu bisa menyajikan makanan yang lezat, sehat, dan juga crispy buat keluarga kamu.

Nah, buat kamu yang penasaran sama Bakwan Sayur Gandum, intip penjelasannya, yuk!

Resep Bakwan Sayur Gandum

Kalau kamu ingin makan gorengan yang sehat, bakwan sayur gandum ini bisa jadi pilihan kamu! Nih, aku kasih tau apa sih bakwan sayur gandum.

Jadi, bakwan sayur gandum adalah gorengan yang sehat dan juga bergizi, karena gorengan ini dibuatnya dengan campuran sayur, campuran oatmeal, dan ditambah Kobe Tepung Bakwan Kress.

Bakwan memang populer banget di Indonesia, tapi asal dari bakwan sendiri bukan dari Indonesia, nih. Nama bakwan berasal dari bahasa Tionghoa. Bak itu artinya daging dan Wan itu artinya bola.

Nah, di Indonesia, bakwan sendiri dibuat dengan campuran sayuran, bukan daging seperti yang ada di Tiongkok.

Terus, kenapa daging diganti dengan sayur? Dahulu, gak semua orang bisa beli daging. Harga daging yang tinggi membuat masyarakat Indonesia mencari cara agar tetap bisa membuat bakwan yang lezat.

Maka, dipilihlah sayur untuk dijadikan bahan untuk bakwan. Nah, kamu pernah gak dengar nama lain dari bakwan? Aku sering banget mendengar orang menyebut bakwan dengan nama lain.

Wajar aja, jenis gorengan ini punya nama yang berbeda-beda. Di daerah Jawa Barat, bakwan disebut dengan bala-bala, terus di Jawa Tengah khususnya di Pati, bakwan disebut pia-pia.

Sementara di Semarang bakwan disebut dengan badak, lalu di Malang disebut weci. Aku juga pernah dengar, bakwan disebut ote-ote di Sidoarjo dan Surabaya.

Selain Bakwan Sayur Gandum, kamu pasti udah gak asing lagi dengan jenis bakwan lainnya, seperti bakwan jagung atau perkedel jagung dan ada juga bakwan udang.

Kenapa harus pake oatmeal? Oatmeal ini gak cuma mengenyangkan lho, tapi oatmeal juga punya manfaat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan kamu. Kamu mungkin udah gak asing lagi dengan oatmeal yang sering disantap saat sarapan.

Nah, sekarang oatmeal juga bisa jadi bahan gorengan, nih! Kamu ingin coba bikin? Nah, simak penjelasan dari aku tentang bahan dan cara buatnya, ya!

Bahan yang Diperlukan

  • 1 bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress (75gr)
  • Air matang
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah jagung manis
  • Kol iris
  • ½ buah bawang bombay
  • 3 sendok makan oatmeal
  • Minyak goreng

Nah kalau bahannya udah siap, lanjut kita bikin, yuk!

Cara Buat Bakwan Sayur Gandum

  • Siapkan wadah yang bersih dan campurkan Kobe Tepung Bakwan Kress dengan air,aduk hingga merata
  • Masukkan kol, daun bawang, jagung, dan bawang bombay
  • Masukkan oatmeal dan aduk semua bahan hingga rata
  • Masukkan minyak ke wajan dan panaskan minyak
  • Jika minyak sudah panas, goreng adonan bakwan hingga berwarna kuning kecoklatan
  • Angkat bakwan yang sudah matang lalu tiriskan
  • Bakwan Sayur Gandum siap untuk disantap

Agar rasanya lebih lezat, aku tambahin taburan BonCabe di atas bakwan biar rasa pedas dan rasa gurih dari bakwan jadi satu.

Nah, itu dia resep dan cara buat bakwan sayur gandum dari aku. Jangan lupa pakai Kobe Tepung Bakwan Kress ya! Biar bakwan yang kamu bikin jadi crispy dan juga punya rasa yang lezat.

Aku biasanya beli Kobe Tepung Bakwan Kress ini secara online di official store Kobe Official Shop di Tokopedia atau Shopee. Tapi, kamu juga bisa kok beli tepung ini di warung atau minimarket terdekat.