7 Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis untuk Mengelola Data Geografis

Aplikasi GIS Terbaik

Ada banyak dampak positif dari kemajuan teknologi, salah satunya dengan hadirnya aplikasi GIS terbaik atau Geographic Information System. Fungsinya sebagai media untuk mendata wilayah yang sebelumnya tidak ada di map.

Selain itu, aplikasi GIS juga dapat difungsikan sebagai alat untuk membantu pemerintah maupun perusahaan dalam pengembangan jaringan transportasi dan pemekaran suatu daerah.

Jika kamu bekerja di bidang Geospatial dan sedang mencari aplikasi GIS terbaik yang gratis, daftar berikut bisa diandalkan untuk membuat pekerjaan jadi lebih ringan. Yuk simak!

Fungsi Aplikasi GIS (Geographic Information System)

Sebelum masuk ke rekomendasi, kita bahas sedikit tentang manfaat atau fungsi dari aplikasi GIS (Geographic Information System). Karena admin yakin masih banyak yang belum tahu tentang arti dan manfaatnya.

Singkatnya GIS adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengakses, mengintegrasikan, mengelola, serta menganalisis data geografis atau spasial.

Adapun data geografis yang dimaksud dapat berupa peta, citra satelit, data demografi, data cuaca, dan lain sebagainya. Untuk melakukan semua hal tersebut, dibutuhkan sebuah software atau aplikasi.

Hasilnya, kita bisa dengan mudah memanipulasi data geografis dan membuat visualisasi yang menarik.

Berikut beberapa fungsi aplikasi GIS:

Visualisasi Data Geografis –GIS memungkinkan pengguna untuk membuat peta yang menarik dan detail dari data geografis. Hal ini memudahkan kita memahami dan menganalisis data visual.

Integrasi Data – Selanjutnya aplikasi GIS dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber, seperti peta, citra satelit, dan data cuaca.

Analisis Spasial – Aplikasi GIS memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis spasial, seperti analisis jarak, analisis overlay, dan analisis kepadatan.

Pengelolaan Data – Fungsi aplikasi GIS juga untuk mengelola data geografis dengan mudah, seperti membuat, mengedit, dan menghapus data.

Pemetaan dan Navigasi – Pengguna dapat membuat peta dan navigasi yang akurat. Ini memudahkan dalam hal akses dan menavigasi data geografis secara efektif.

Manfaat aplikasi GIS dapat dirasakan di berbagai bidang, seperti ilmu lingkungan, perencanaan kota, dan transportasi. Pengguna bisa memetakan dan menganalisis pola penggunaan lahan dan pola transportasi.

Sementara dalam ilmu lingkungan, aplikasi GIS digunakan untuk memetakan dan menganalisis pola cuaca, pola aliran sungai, dan pola pembangunan.

Daftar Aplikasi GIS Terbaik dan Gratis

Secara keseluruhan, aplikasi GIS adalah sebuah tools yang sangat berguna dalam hal pemetaan dan analisis data geografis. Saat ini ada banyak aplikasi atau software GIS, baik yang berbayar maupun open-source.

Berikut beberapa rekomendasi terbaik:

1. QField for QGIS


Di daftar pertama ada QField yang dibuat dengan bahasa pemograman Phyton dan C++. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan fitur dan plugins unggulan, seperti membuat model pemetaan dinamis dan dapat diatur sesuai keinginan.

QField adalah aplikasi GIS gratis yang jadi andalan banyak orang untuk membuat peta di suatu wilayah yang masih terisolir. Kamu dapat menghubungkannya dengan aplikasi serupa seperti Grass GIS dan MapServer.

2. Mappt


Mappt termasuk aplikasi untuk mendata wilayah terbaik yang dilengkapi dengan fitur tracking GPS offline. Di aplikasi ini kamu dapat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pemetaan kawasan pertambangan, industri, atau pertanian.

Dengan segala kemudahan dan fitur unggulan, tak heran kalau Mappt dipercaya lebih dari 130 negara. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan software GIS (Geographic Information System) di PC seperti ArcGIS.

3. Mapit GIS


Merupakan aplikasi Sistem Informasi Geografis di hp, Mapit GIS dibekali UI yang sangat simple dan mudah digunakan. Mapit GIS sangat cocok untuk pemula yang diharuskan memiliki mobilitas tinggi.

Dengan Mapit GIS kamu bisa mengumpulkan data-data penting dengan efektif. Selain memetakan wilayah, ini juga bisa kamu andalkan untuk mengetahui jarak antar area.

Mapit GIS didukung dengan sistem koordinat WGS84, Web Mercator, dan NATO. Tertarik dengan aplikasi ini? Silahkan unduh di Google Play, gratis!

4. SW Maps


Bicara soal aplikasi GIS terbaik di Android, nama SW Maps tentunya tak boleh terlewatkan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan data geografis dengan sangat akurat karena didukung Google Maps dan OpenStreetMap.

Selain itu, SW Maps memiliki fitur shapefile layers yang bisa diaplikasikan di semua sistem koordinat. Dengan begitu, kamu dapat menentukan garis, titik, dan poligon sesuai keinginan.

Menariknya lagi, dengan aplikasi SW Maps kamu bisa berbagi template proyek dengan rekan kerja.

5. Locus GIS


Locus GIS masuk dalam jajaran aplikasi GIS offline di Android yang dilengkapi fitur untuk mengumpulkan, melihat, dan memperbarui data. Fungsinya sangat membantu pekerja lapangan yang ingin memetakan wilayah.

Locus GIS sudah membantu banyak perusahan yang bergerak di bidang industri, pertanian, hingga kehutanan. Aplikasi dari Asamm Software ini sangat ringan dan tersedia untuk perangkat mobile serta desktop.

6. ArcGIS Field Maps


ArcGIS Field Maps termasuk aplikasi GIS berbasis web terpopuler yang dikembangkan oleh Esri. Kualitas yang baik membuat aplikasi ini cukup populer. Dari segi fungsi, tak ada perbedaan dari aplikasi lain.

Hanya saja, ArcGIS dibekali fitur dan tools yang jauh lebih lengkap. Dengan segala kelebihannya, untuk bisa menggunakan aplikasi ArcGIS Field Maps, kamu tinggal download lewat Playstore.

Namun, ada juga versi berbayar denganf itur terbaik dengan membeli lisensi sebesar $1,500 atau sekitar Rp 21 juta.

7. GIS Surveyor


Yang terakhir ada GIS Surveyor yang masuk jajaran aplikasi GIS terbaik gratis yang digunakan banyak pengguna. Aplikasi ini mampu menghasilkan pemetaan geografis yang sangat baik berbekal fitur-fitur mumpuni.

Fitur utama yang dihadirkan adalah distribusi data dapat dilakukan ke banyak pengguna secara bersamaan. Selain itu ada juga fitur untuk mengirim data dari website ke platform lain.

Cara Menggunakan Aplikasi GIS

Menggunakan aplikasi GIS dibutuhkan pemahaman tentang data geografis dan kemampuan untuk membuat dan menganalisis peta. Namun seiring berjalannya waktu, kamu akan dapat menguasai aplikasi GIS dengan baik.

Kalau masih pemula, berikut beberapa langkah umum untuk menggunakan aplikasi GIS:

1. Download Aplikasi GIS

Pertama, tentunya kamu harus mengunduh dan install aplikasi GIS yang mau digunakan. Silahkan akses Google Play atau App Store, dan cari aplikasinya. Setelah itu, ikuti semua instruksi yang tertera pada laman aplikasi.

2. Memasukkan Data Geografis

Selanjutnya masukkan data geografis yang ingin kamu gunakan. Data geografis dapat berupa peta, citra satelit, data cuaca, atau data lain. Pastikan datanya memiliki format yang didukung oleh aplikasi GIS.

3. Membuat Peta

Setelah memasukkan data, kemudian kamu bisa mulai membuat peta. Pilih data yang ingin kamu tampilkan pada peta dan tentukan bagaimana data tersebut ingin ditampilkan. Kamu dapat menambahkan judul dan skala pada peta.

4. Analisis Spasial

Setelah membuat peta, berikutnya kamu dapat melakukan analisis spasial pada data geografis. Misalnya analisis jarak, analisis overlay, dan analisis kepadatan.

Analisis spasial dapat membantu memahami hubungan antara data geografis dan membuat keputusan yang lebih baik.

5. Publikasi Data

Setelah semua hal di atas selesai, langkah terakhir tinggal melakukan publikasi data geografis dalam bentuk layanan web atau membagikannya. Hal ini memungkinkan orang lain untuk mengakses dan menggunakan data secara mudah.

Akhir Kata

Bagi kamu yang bekerja di bidang pemetaan, pendataan, atau sejenisnya, sebaiknya gunakan aplikasi GIS agar hasil akhirnya memuaskan. Beberapa daftar di atas bisa kamu pilih sesuai keinginan dan tawaran fiturnya.

Perlu diingat kalau rekomendasi aplikasi GIS terbaik di atas tidak merepresentasikan urutan. Kami hanya menempatkan daftarnya secara acak. Pembaca tinggal pilih satu aplikasi untuk dicoba. Semoga bermanfaat!