Google Sites: Pengertian, Kegunaan, hingga Kelebihannya

pengertian google sites kegunaan dan kelebihannya

Anda masih berasumsi bahwa untuk memiliki website sendiri maka harus memiliki kemampuan coding?

Saat ini, memiliki website sendiri bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan orang awam sekalipun. Sehingga anggapan bahwa tidak bisa coding lantas tidak akan memiliki website menjadi salah besar.

Keberadaan website sendiri saat ini sudah sangat terkenal di banyak kalangan. Ada yang membuat website untuk keperluan pribadi, mockup untuk klien, hingga untuk keperluan bisnis yang lebih luas.

Oleh karena itu, Google hadir mengusung Google Sites yang didesain untuk orang-orang yang belum memiliki kemampuan coding secara mumpuni tetapi ingin memiliki website.

Ingin tahu apa itu Google Sites? Yuk simak ulasannya sampai habis.

Pengertian Google Sites

Google Sites adalah layanan website yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi maupun profesional yang bisa digunakan secara gratis. Sesuai namanya, layanan website ini diinisiasi oleh Google.

Pengguna Google Sites dapat menggunakan tools dan fitur yang ada di dalamnya dengan mudah. Itulah kenapa Google Sites juga sangat cocok untuk orang awam sekalipun.

Google Sites memiliki karakteristik yang mendukung pembuatan website sederhana secara instan.

Website yang dibuat dengan Google Sites akan kompatibel untuk semua jenis layar, sehingga tidak perlu melakukan konfigurasi tambahan.

Hal ini yang akhirnya mendorong banyak orang membuat website dengan Google Sites agar kegiatan yang dilakukan lebih produktif. 

Kegunaan Google Sites

Bagi Anda yang masih bingung dengan kegunaan Google Sites, mungkin beberapa hal di bawah ini bisa mencerahkan kebingungan Anda.

  1. Membuat portofolio online yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan karya seperti artikel, desain, video, dan lain sebagainya.
  2. Membuat resume online untuk keperluan informasi pendidikan, keahlian, pencapaian, hingga mencantumkan pengalaman kerja.
  3. Internet yang menampilkan perusahaan Anda serta identitasnya, seperti katalog produk, panduan, peraturan, informasi kontak, dan lain-lain.
  4. Membuat website kelas untuk kegiatan belajar online yang bisa memuat informasi jadwal pelajaran, daftar tugas, daftar ujian, peraturan kelas, dan lain sebagainya.
  5. Sebagai sarana informasi untuk anggota klub atau komunitas terkait jadwal pertemuan, agenda rutin komunitas, data anggota, maps, koleksi foto, hingga video.
  6. Tim proyek dengan kalender meeting (Google Calendar), dokumen (Google Docs), sheet budget (Google Sheets), dan presentasi (Google Slides).

Dari beberapa kegunaan di atas, Google Sites memang bisa digunakan untuk segala keperluan, meski akan menjadi ideal jika digunakan untuk keperluan spesifik dan untuk kalangan internal.

Kelebihan Google Sites

Setelah mengetahui kegunaan dari Google Sites, maka sekarang saatnya Anda mengetahui kelebihannya. Adapun kelebihan dari Google Sites antara lain:

1. Bisa Berkolaborasi dengan Siapapun

Sama halnya dengan tools Google lain seperti Slide, Sheets, Docs, dll, Anda juga bisa berkolaborasi dengan siapapun menggunakan Google Sites. Anda selaku pemilik situ bisa mengatur akses para editor maupun pengunjung.

Caranya pun juga cukup mudah. Hanya dengan klik ikon dengan bentuk orang dan tanda + di bagian atas (tertera di foto), lalu sesuaikan pengaturan dengan keinginan Anda.

2. Memiliki Fitur Preview yang Mudah dan Lengkap

Sebelum menyelesaikan situs Anda, tentu Anda ingin melihat terlebih dulu tampilannya, bukan? Nah, dengan Google Sites, Anda akan dengan mudah melihat tampilan website dari browser, handphone, juga tablet.

Seperti yang sudah disebutkan, tanpa melakukan pengaturan tambahan lain tampilan website akan menyesuaikan ukuran perangkat yang Anda gunakan. 

3. Bisa Diintegrasikan dengan tools Google yang Lain

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Google Sites adalah lengkapnya elemen untuk mengisi website dan mudahnya integrasi dengan tools Google lainnya.

Anda bisa mengakses dokumen-dokumen di Drive, hingga memasukkan alamat lengkap via Google Maps. Dan seluruh website yang dibuat melalui Google Sites akan tersimpan secara otomatis di Google Drive sehingga keamanan data pun terjamin.

4. Fleksibel sehingga Mempermudah Pekerjaan

Google Sites sangat menarik untuk digunakan salah satunya adalah karena fleksibilitasnya, seperti yang tertera di situs resminya.

Anda bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja, terutama kebutuhan pribadi seperti portofolio, proyek internal, dan sebagainya.

Sifatnya yang fleksibel juga tentu akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Nah itulah tadi informasi Google Sites yang bisa kami sampaikan. Apabila Anda tertarik untuk membuat situs dengan Google Sites, Anda bisa membaca panduan lengkapnya di cara membuat Google Sites.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit untuk memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Kami juga menyediakan layanan yang lain seperti cloud VPS managed dan jasa pembuatan aplikasi.