6 Cara Mengatasi Jaringan Live On Lemot Padahal Sinyal Bagus 2022

Kenapa Jaringan Live On Lemot

Live On adalah provider digital yang mengandalkan jaringan XL dengan jangkauan Live On cukup luas. Tapi, pada beberapa kasus, pengguna mengalami jaringan Live On lemot sehingga aktivitas jadi terganggu.

Disamping itu, masalah semakin rumit karena sinyalnya penuh dengan tipe jaringan 4G. Untuk membuka media sosial atau Youtube memang masih bisa, tapi loading-nya sangat lama.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami kendala ini, ada beberapa alasan yang menyebabkan jaringan Live On lemot. Salah satu yang pasti, penuhnya cache data karena penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan.

Penyebab Jaringan Live On Lemot

Seperti provider lain, jaringan lemot adalah masalah umum yang jadi musuh pengguna. Terlebih jika kita sedang asyik membuka media sosial atau streaming film.

Meskipun Live On termasuk provider baru, tapi karena membawa nama XL, kecepatan internetnya cukup stabil. Tapi ya itu, dalam kondisi tertentu terkadang jaringannya lemot atau bahkan hilang.

Untuk mengetahui cara mengatasi internet Live On lemot hari ini, ketahui dulu faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut. Simak, ya! 

1. Masa Aktif Habis

Paket internet Live On memiliki masa aktif paling lama 30 hari. Setelah habis, kita masih bisa menggunakannya dengan kecepatan internet terbatas. Mungkin hal ini yang menyebabkan jaringan Live On di hp kamu lemot.

Kalau kamu termasuk pengguna internet aktif (tiap detik buka medsos), selalu periksa masa aktif kartu. Ini juga berguna agar kuota yang tersisa bisa diakumulasikan di bulan berikutnya.

Seperti yang kita tahu, Live On punya fitur Data Rollover untuk “membawa” sisa kuota utama ke bulan depan, sehingga kuotanya tidak terbuang sia-sia.

2. Cache Aplikasi Penuh

Penyebab jaringan Live On lemot selanjutnya adalah cache data penuh. Ketika menggunakan aplikasi, data yang tak terpakai akan tersimpan di dalam sistem. Hal ini dapat mengganggu kinerja jaringan.

Memang terdengar remeh, tapi nyatanya ketika admin membersihkan semua cache aplikasi yang sering digunakan, kecepatan internet Live On jadi meningkat.

3. Kondisi Cuaca Buruk

Cuaca buruk yang disertai angin dan petir jadi salah satu penyebab koneksi internet Live On lemot. Bahkan bukan hanya Live On saja, masalah ini juga sering dialami semua provider seperti Indosat, Tri, mapun Telkomsel.

Jadi kalau di wilayah kamu sedang ada hujan disertai petir, sebaiknya jangan gunakan internet untuk sementara waktu. Tunggu hingga hujan reda atau kamu bisa menonaktifkan jaringan dan menonton video Youtube yang sudah di-download.

4. Ada Gangguan di Pusat

Yang terakhir, penyebab jaringan Live On lemot atau tidak ada sinyal bisa terjadi karena gangguan di pusat. Untuk kasus ini, kita sebagai pengguna hanya bisa menunggu hingga kondisinya kembali normal.

Gangguan semacam ini diakibatkan karena ada kabel internet yang putus atau tower mengalami masalah. Kalau jaringan tak kunjung membaik, kamu bisa manfaatkan slot SIM Card untuk provider cadangan.

Cara Mengatasi Jaringan Live On Lemot

Live On sering mempromosikan jaringan yang cepat dan stabil. Tapi pada kenyataannya, pengguna sering mengalami sinyal hilang, internet lemot, bahkan koneksi tiba-tiba terputus.

Seakan materi promosi yang disampaikan provider (bukan hanya Live On) hanya sebuah jargon belaka. Ketika digunakan malah sering mengalami masalah. Tujuannya tentu agar produknya laku di pasaran.

Kita lupakan tentang itu, sekarang admin masu jelaskan beberapa cara mengatasi internet Live On lemot. Tentunya ini sangat mudah dan poin yang ditulis berdasarkan pengalaman admin pribadi.

1. Hapus Recent Apps dan Refresh Jaringan

Cara mengatasi internet Live On lemot yang pertama adalah dengan menghapus Recent Apps. Kalau kamu terlalu aktif main hp, menu Recent Apps pasti selalu penuh. Hal ini sangat tidak baik dan mengganggu koneksi.

Pasalnya, beberapa aplikasi atau game bisa bekerja di belakang layar meskipun aplikasi tersebut sudah ditutup.

Setelah menghapus semua Recent Apps, kamu harus me-refresh jaringan agar fungsinya normal. Untuk melakukannya, tinggal nonaktifkan koneksi selama beberapa detik, setelah itu nyalakan kembali.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Selanjutnya membersihkan hp juga cukup mampu untuk mengatasi jaringan Live On yang lemot. Cara ini bisa dilakukan menggunakan aplikasi pembersih sampah Android atau menghapus cache data aplikasi satu per satu.

Tapi admin lebih menyarankan penggunaan aplikasi karena lebih simpel dan hasilnya juga bagus. Saat ini aplikasi pembersih file sampah terbaik masih dipegang Phone Master dan CCleaner.

3. Manfaatkan Flight Mode

Kalau belum berhasil juga, cara mengatasi jaringan Live On lemot juga bisa dengan memanfaatkan Flight Mode atau Mode Pesawat. Untuk semua masalah yang berhubungan dengan koneksi internet, cara ini terbukti sangat ampuh.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan cukup mudah. Pertama hapus semua Recent Apps dan Notifikasi, kemudian nyalakan Flight Mode selama beberapa detik, lalu nonaktifkan Flight Mode. 

Metode ini akan membuat jaringan terhubung dengan IP baru yang lebih fresh dari sebelumnya. Jadi ketika internet Live On lemot, kamu tinggal manfaatkan Flight Mode, dijamin manjur!

4. Nonaktifkan Hotspot

Terkadang penggunaan jaringan secara berlebihan menjadi penyebab internet Live On lemot. Misalnya kamu menyalakan Hotspot yang terhubung ke laptop dan 2 perangkat lain. Hal ini membuat koneksi jadi tidak stabil.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa ganti password Hotspot dan batasi penggunaannya untuk 1 perangkat saja. Kalau lebih dari itu akan membuat jaringan Live On terganggu.

5. Restart Smartphone

Jika solusi-solusi di atas belum mampu meningkatkan kecepatan jaringan Live On, cara terakhir coba restart hp kamu. Ini akan memberikan efek seperti manusia yang habis tidur pulas.

Sistem akan mereset semua aktivitas sebelumnya, sehingga jaringan akan kembali normal. Umumnya, setelah hp selesai di-restart jaringan Live On menjadi normal dan bebas dari internet lemot.

6. Gunakan Internet di Malam Hari

Untuk mengatasi jaringan internet Live On lemot bisa mencoba tips ini. Biasanya, malam hari sebagian besar pengguna internet sudah tidur. Sehingga kecepatan internet lebih baik dibanding siang ataupun sore. 

Kalau kamu ingin download game, nonton film di Disney+ atau Netflix, coba deh lakukan aktivitas tersebut di malam hari. Dijamin sinyal Live On ngebut dan anti lemot.

Kecepatan internet di Indonesia termasuk yang terendah di dunia. Sebagai pengguna, kita hanya bisa pasrah, terlebih Kominfo mengatakan “Internet cepat buat apa?”. Mau ngeluh juga percuma, jadi ya dinikmati saja.

Demikian ulasan tentang alasan kenapa jaringan Live On lemot beserta cara mengatasinya. Hal pertama yang wajib diperiksa adalah kuota dan masa aktif, karena terkadang kita lupa berapa kuota yang tersisa.