2 Cara Memilih Reksadana di Aplikasi Bibit Agar Cepat Untung 2022

Cara Memilih Reksadana di Aplikasi Bibit

Cara Memilih Reksadana di Bibit
– Kini investasi bukanlah hal yang tabu terutama di kalangan anak muda. Investasi menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan aset yang kelak dapat membantu pemiliknya menghadapi situasi tertentu di masa depan.

Bibit termasuk salah satu platform investasi via aplikasi yang banyak digunakan pemula maupun profesional. Layanan dan fitur yang ditawarkan cukup lengkap untuk memudahkan pengguna melakukan investasi.

Nah, terkhusus bagi investor pemula yang belum tahu dengan dunia investasi, terutama Reksadana, berikut beberapa hal yang perlu diketahui perihal cara memilih Reksadana di aplikasi Bibit.

Cara Memilih Reksadana di Aplikasi Bibit

1. Gunakan Robo Advisor

Seperti yang terlihat dari namanya, teknologi ini menyediakan layanan pengelolaan dana dan pembuatan portofolio investasi. Layanan ini dapat digunakan di aplikasi Bibit.

Aplikasi Bibit menyediakan fitur dimana penggunanya dapat mengakses layanan ini. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk menggunakan advisor satu ini. Berikut di antaranya:

a. Isi survey

Sebab layanan ini bersifat online, Anda perlu mengisikan data diri pada form survey online yang telah disediakan. Anda dapat mengaksesnya dengan langsung membuka fitur Robo Advisor di aplikasi Bibit.

Jawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan benar. Informasi yang Anda berikan akan menentukan profil risiko Anda.

b. Buat akun rekening

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan ialah membuat akun rekening. Akun ini kelak akan digunakan untuk menyimpan dana yang akan Anda investasikan.

Dengan demikian, Robo Advisor juga dapat mengakses dan menentukan jumlah dan jenis Reksadana yang akan diambil oleh Anda.

c. Berikan izin akses

Terakhir, Anda perlu memberikan izin akses kepada Robo Advisor untuk mengakses data profil risiko serta data akun rekening yang telah dibuat.

Sistem Robo Advisor yang berbasis artificial intelligence akan mengolah data Anda dan membuat daftar alokasi dan rekomendasi sesuai dengan profil risiko.

Kalian juga dapat memberikan izin untuk Robo Advisor memilih dan membeli Reksadana secara otomatis. Layanan ini akan mengalokasikan dana ke Reksadana terbaik sesuai dengan jumlah dana pada akun rekening.

Sangat mudah, bukan? Terlebih lagi, Robo Advisor juga akan memantau dan menyesuaikan portofolio investasi Anda secara berkala.

2. Pilih Sendiri Sesuai Kriteria Reksadana yang Baik

Alternatif lain dari cara memilih Reksadana di aplikasi Bibit ialah dengan memilihnya sendiri sesuai dengan kriteria Reksadana yang baik.

Biasanya, Reksadana yang baik berada dalam daftar Top Reksadana di aplikasi Bibit. Reksadana dalam daftar ini sudah diseleksi oleh Bibit dan memiliki kualitas terbaik.

Untuk memilih Reksadana terbaik dalam daftar tersebut tentunya Anda perlu membuka aplikasi Bibit terlebih dahulu. Lanjutkan dengan pilih menu Investasi Sekarang.

Berikutnya, pilih menu List Top Reksadana. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait seleksi top Reksadana, berikut ini adalah kriterianya:

a. Reputasi yang baik

Reksadana dengan reputasi manajer investasi yang baik menjadi kriteria nomor satu yang diterapkan oleh Bibit. Bibit mengklaim bahwa hanya bekerja sama dengan manajer investasi yang memiliki reputasi baik dalam jangka panjang.

b. Tingkat return dan risiko

Tingkat keuntungan dan risiko sangat penting dalam memilih produk investasi. Potensi keuntungan perlu dipertimbangkan dengan tingkat risiko yang bisa didapatkan. Bibit menyeleksi produk Reksadana yang seimbang antara potensi untung dan risikonya.

c. Dana kelolaan

Dana yang dikelola oleh Reksadana dapat menentukan tingkat kepercayaan yang dimiliki oleh Reksadana. Semakin besar jumlah dana yang dikelola tentu semakin tinggi kepercayaan yang dimilikinya.

d. Expense ratio

Terakhir, expense ratio. Semakin kecil biaya yang dikeluarkan manajer Reksadana untuk mengelola dana maka ini berarti semakin baik kinerjanya. Ini menandakan manajer Reksadana dapat bekerja secara efisien.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara memilih Reksadana di aplikasi Bibit. Sebagai investor pemula, tidak ada salahnya untuk terus belajar dan mencari berbagai informasi tambahan. Semoga kedua cara di atas dapat membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2