5 Perbedaan Flip vs OY! Indonesia, Lebih Bagus Mana untuk Transfer Gratis?

flip vs oy indonesia

Ingin transfer bank tanpa biaya alias gratis menggunakan aplikasi terkemuka, namun bingung pilih antara aplikasi Flip vs OY! Indonesia? Tenang, karena disini akan membahas secara rinci perbedaan kedua aplikasi tersebut.

Mengingat keduanya sama-sama piawai dari segi layanan transfer dana antar bank (interbank). Jika ingin memilih tapi masih bingung, berikut perbedaan keduanya sehingga Anda bisa memilih lebih bagus Flip atau OY! Indonesia.

Perbedaan Flip vs OY! Indonesia

1. Besaran Kapasitas Aplikasi Gratis Transfer

Meskipun Flip dan OY! Indonesia menggratiskan biaya transfer ke antar bank, namun juga tetap ada biaya admin jika melebihi batas maksimal per hari.

Pada aplikasi Flip, transaksi maksimal Rp 5 juta perhari, lebih dari itu dikenakan biaya dua ribu rupiah per transaksi.

Berbeda dengan OY! Indonesia, biaya transaksi tergantung metode pembayaran.

Untuk virtual account  dan bank maksimal transfer Rp 5 juta dengan tarif administrasi Rp 2 ribu. Jika memakai kartu debit, biaya Rp 2.500 tiap transaksinya.

2. Kolaborasi yang Terjalin

Flip telah menjalin kerjasama dengan 17 bank di Indonesia untuk melayani transfer antar bank secara gratis. Diantaranya BCA, BTPN, Muamalat, Permata, Bri, BNI Syariah, BNI, CIMB Niaga Syariah, Mandiri, CIMB Niaga dan sebagainya.

Selain itu, perusahaan besar seperti Grab, Tiket.com, Kitabisa serta Ruangguru juga menggunakan aplikasi ini. OY! Indonesia telah tercatat bekerja sama dengan 110 bank di Indonesia.

Bukan hanya bank saja, perusahaan OY! Indonesia berkolaborasi dengan beberapa digital payment karya anak bangsa. Jadi, mau mengirim uang kemanapun kini tidak menjadi masalah.

3. Verifikasi Akun dan Proses Transfer

Ketika menggunakan sebuah aplikasi, akan ada prosedur verifikasi data akun pengguna. Jika di OY! Indonesia proses verifikasi merupakan kewajiban, namun tidak dengan aplikasi Flip. Transfer di bawah Rp 500 ribu rupiah tidak wajib.

Di atas itu baru harus diverifikasi. Khusus OY! Indonesia, transfer hanya bisa dilakukan pada aplikasi OY!! Indonesia. Untuk Flip sendiri bisa menggunakan dua cara, yakni transfer melalui aplikasi dan web di laman m.flip.id.

Mana lebih cepat waktu proses transfer antara Flip vs OY! Indonesia? Secara tertulis, Flip meminta waktu 10 menit dan OY! sekitar 3 jam. Namun, operasionalnya keduanya terasa lebih cepat.

4. Nominal Transfer dan Jam Operasional

Terdapat batasan maksimal nominal transfer seseorang di aplikasi Flip, yakni mulai dari Rp 10 ribu - Rp 5 juta. Sementara, OY! Indonesia, berada di nominal Rp 10 ribu – Rp 100 juta yang diakumulasi per harinya.

Dengan metode manual transfer dan Virtual Account terbatas untuk 25 kali dalam 24 jam. Untuk Flip, transaksi mulai dari pukul 07.00- 20.00.

5. Penetapan Kode Unik

Flip memberikan kode unik sekitar Rp 50 ribu untuk nominal yang tidak bulat, sedangkan nominal yang lebih bulat, maka kode unik lebih besar. Menariknya kode unik yang telah dikumpulkan, bisa ditukarkan dengan pulsa.

Jika telah mencapai Rp 10 ribu dapat ditransfer ke rekening pengguna. Biasanya, OY! Indonesia menetapkan kode unik di atas Rp 200 ribu.

Angka pastinya tidak dapat ditebak, sehingga bisa menyulitkan bila ingin mengosongkan dana di rekening pengirim.

Tentunya menyisakan beberapa rupiah dengan nominal yang tidak bulat.

Akan tetapi, OY! memberikan kode unik Rp 0 untuk VA Bank Mandiri dan CIMB. Dengan ini nominal transfer sama dengan jumlah yang diterima.

Jika dipilih mana yang lebih baik antara Flip vs OY! Indonesia, tentunya kedua aplikasi memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Semuanya sesuai kebutuhan transaksi keuangan pengguna.

Bila ingin proses cepat tanpa verifikasi akun, Flip bisa dimanfaatkan. Hanya saja, jika transfer dalam jumlah yang besar, bisa memilih OY! Indonesia.