10 Olahraga Peninggi Badan yang Terbukti Ampuh, Wajib Dicoba!

Memiliki tinggi badan yang ideal merupakan idaman semua orang. Pasalnya, badan yang tinggi mampu meningkatkan rasa percaya diri untuk tampil di muka umum. Namun, tidak semua orang memiliki genetik yang mendukung untuk mendapatkan tinggi badan ideal.

Tapi sebenarnya, selain faktor genetik, tinggi badan dapat ditambah dengan rutin minum suplemen atau vitamin yang disarankan oleh para ahli. Selain itu, melakukan olahraga secara rutin juga berpeluang menambah tinggi badan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan bagi Anda yang sedang memasuki masa pertumbuhan dan ingin meningkatkan tinggi badan agar merasa lebih percaya diri.

olahraga peninggi badan yang ampuh
longevitylive.com

Olahraga yang Ampuh Menambah Tinggi Badan

Olahraga peninggi badan bisa jadi solusi bagi Anda yang merasa tidak percaya diri dengan tinggi badan yang kurang ideal dibanding teman-teman satu tongkrongan. Anda bisa melakukan olahraga ini secara rutin untuk hasil yang maksimal dengan atau tanpa bantuan alat.

1. Skipping Rope

Skipping rope atau lompat tali termasuk olahraga yang wajib Anda coba untuk menambah tinggi badan. Untuk melakukannya juga tidak terlalu sulit, hanya dibutuhkan jump rope yang banyak dijual di toko online, atau bisa juga menggunakan karet gelang yang dijalin hingga panjang.

Setelah itu Anda tinggal melompat terus menerus hingga batas waktu yang ditentukan. Melompat ke atas dapat meregangkan tubuh dan membantu kontraksi otot, sehingga jika dilakukan secara rutin, dapat menambah tinggi badan.

Menurut penjelasan medis, pada telapak kaki terdapat saraf-saraf yang terhubung dengan tubuh  bagian atas. Saat jump rope mulai diayunkan dan tubuh diangkat ke atas, otot akan bereaksi menghasilkan hormon pertumbuhan yang bisa membuat tinggi badan bertambah.

2. Bersepeda

Bukan hanya mampu meningkatkan imun tubuh, bersepeda juga bisa membantu Anda menjadi lebih tingggi. Karena ketika kaki mengayuh pedal sepeda secara berulang, hal ini membuat aliran darah pada lutut dan otot paha meningkat, sehingga pertumbuhan akan terangsang dengan baik.

Selain itu, bersepeda juga mampu membuat paru-paru bekerja lebih keras lagi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika salah satu olahraga peninggi badan ini dilakukan secara rutin, tubuh bagian atas akan semakin kuat sehingga membantu proses pertumbuhan.

4. Berenang

Kita bisa melihat hampir semua atlit-atlit renang memiliki postur tubuh yang tinggi. Inilah alasan kenapa renang termasuk olahraga peninggi badan yang ampuh dan mudah dilakukan. Renang mengandalkan gerakan yang dapat memperkuat serta merangsang pertumbuhan tulang.

Ketika berenang, otot tubuh akan aktif bergerak sehingga pertumbuhan tubuh akan terangsang dengan baik. Apalagi saat kaki melakukan ayunan atau dorongan melawan air secara terus menerus.

Gerakan renang yang disarankan jika ingin menambah tinggi badan adalah gaya punggung dan gaya bebas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan renang minimal semiggu sekali. Namun kalau Anda punya kolam renang di rumah, akan lebih menguntungkan karena bisa dilakukan setiap hari.

5. Basket

Tak ada yang menyangkal bahwa basket termasuk olahraga yang mampu menambah tinggi badan. Hal ini dapat dibuktikan dengan atlit-atlit basket yang memiliki badan tinggi menjulang. Bahkan, hampir tidak pernah kita jumpai atlit basket yang berbadan pendek.

Basket terdiri dari dua gerakan utama yang sering dilakukan, yakni berlari dan melompat. Kedua gerakan ini dilakukan secara berulang dengan intensitas yang cukup cepat. Sehingga saat gerakan tersebut dilakukan, akan menyebabkan aliran darah menjadi lancar dan tentunya merangsang pertumbuhan.

6. Jogging

Jogging juga masuk dalam daftar olahraga peninggi badan yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga ini dipercaya baik untuk program diet karena bisa membakar lemak serta kalori pada tubuh.

Jogging sangat ampuh untuk menambah tinggi badan, karena dapat memperkuat otot-otot pada kaki dan mampu menstimulus pertumbuhan tulang.

Untuk memulainya, lakukan saja secara perlahan, dimulai dengan lari-lari kecil selama beberapa menit. Setelah tubuh merasa sudah terbiasa, Anda bisa menambah intensitas jarak lari menjadi beberapa kilometer. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan agar tidak cidera.

7. Badminton

Semua olahraga yang berfokus pada gerakan melompat bisa jadi pilihan jika ingin menambah tinggi badan. Seperti yang kita tahu, gerakan utama pada badminton adalah melompat serta menuntut kaki untuk tetap aktif bergerak.

Badminton juga termasuk olahraga yang ringan dan menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk bermain badminton bersama di tanah lapang atau menyewa gedung olahraga yang saat ini banyak ditemui di seluruh daerah di Indonesia.

3. Yoga

olahraga yang ampuh menambah tinggi badan
unsplash.com

Selain sebagai penghilang stres, beberapa gerakan yang ada pada yoga juga diklaim mampu merangsang pertumbuhan tulang. Gerakan yang dimaksud adalah chakrasana, treetrianglemountain, adho mukha syanasana, dan surya namaskar.

Gerakan tersebut dipercaya mampu membuat otot dan sendi tubuh menjadi lebih santai dan rileks. Tentunya ini sangat bagus, sebab sendi dan otot yang dalam keadaan rileks dapat melancarkan hormon pertumbuhan dengan baik.

Anda bisa melakukan yoga di pagi hari selama beberapa menit sebelum berangkat kerja. Namun, jika Anda baru saja meminum kopi, teh, atau susu, ada baiknya menunggu 30 menit hingga satu jam sebelum melakukan olahraga peninggi badan yang satu ini.

8. Air Kicking

Air kicking atau menendang udara juga termasuk dalam jenis olahraga ringan yang memiliki manfaat untuk membantu meregangkan otot-otot, terutama otot kaki. Pada dasarnya, gerakan air kicking dapat dijumpai di olahraga Basket dan Kickboxing.

Gerakannya kira-kira seperti Anda sedang menendang sesuatu ke arah depan secara bergantian kaki kiri dan kaki kanan. Untuk hasil maksimal, Anda bisa memadukannya dengan olahraga lain.

Selain bisa menambah tinggi badan, olahraga ini juga bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan bela diri. Jika Anda termasuk orang yang sibuk, air kicking bisa jadi olahraga peninggi badan alternatif yang mudah dilakukan di tengah-tengah kesibukan.

9. Pull Up

Pull up atau bergelantungan merupakan olahraga ringan yang bisa menambah tinggi badan tanpa perlu keluar rumah. Semua orang pasti pernah melakukan pull up, baik serius maupun sekedar iseng-iseng. Biasanya pull up dilakukan di angin-angin pintu atau di batang pohon.

Gerakan pada pull up bermanfaat untuk meluruskan tulang belakang serta memanjangkan tulang. Jika ingin merasakan hasil yang sempurna, lakukan pull up setiap harinya minimal 10 menit. Kalau tidak sanggup, Anda bisa membaginya menjadi 3 atau 5 menit.

10. Squat Jump

Banyak orang-orang yang bertanya, "Apakah Squat Jump bisa menambah tinggi badan?" Jawabannya tentu saja bisa, asalkah dilakukan dengan benar dan rutin.

Squat jump merupakan gerakan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal. Gerakan ini cukup mudah dilakukan di rumah, dan juga tidak memerlukan alat. Saat melakukan squat jump, otot dan tulang terlatih sehingga merangsang pertumbuhan.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan, gerakan squat jump harus dilakukan dengan benar. Tidak boleh dilakukan sembarangan, dan tentunya harus dimulai dengan pemanasan. Berikut gerakan squat jump yang baik dan benar:

  • Atur tubuh dalam posisi berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka sedikit agak lebar
  • Letakkan kedua tangan di belakang kepada
  • Gerakkan badan secara perlahan menuju posisi jongkok
  • Tahan posisi tersebut kurang lebih 1 menit
  • Setelah itu melompatlah, dan ulangi gerakan di atas dari awal

Kesimpulan

Selain meningkatkan rasa percaya diri, tinggi badan juga merupakan faktor penting agar bisa diterima oleh perusahaan yang mencantumkan tinggi badan sebagai persyaratan. Apalagi kalau Anda ingin jadi Polisi atau Tentara, tinggi badan menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi.

Menambah tinggi badan tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus melewati proses-proses seperti melakukan olahraga peninggi badan pada ulasan di atas. Selain itu pola makan juga harus dijaga, dan jangan lupa meminum vitamin tambahan untuk merangsang pertumbuhan tulang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel