Harga Tiket Masuk Curug Dengdeng Bogor, Menantang bin Eksotis

harga tiket masuk curug dengdeng
Wisata Alam Bogor Curug Dengdeng. Source: IG @intanjulia03 dan @demen_nyurug
Harga Tiket Masuk Curug Dengdeng - Pernahkah Anda mendengar julukan Kota Bogor sebagai 1001 air terjun? Memang julukannya lebih dikenal dengan kota hujan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menyelami salah satu air terjun atau curug yang ada di sini, yaitu curug Dengdeng.

Air terjun ini masih belum banyak di-explore secara luas dan belum dikelola sebagai objek wisata Bogor secara profesional. Namun di situlah letak tantangannya. Jalur trekking-nya yang memacu adrenalin.

Harga Tiket Masuk Curug Dengdeng Rumpin

Curug ini belum memiliki satuan pengelola resmi karena belum diresmikan sebagai lokasi wisata alam Bogor jadi masih dijaga oleh warga setempat.

Penjaga air terjun ini sekaligus menjadi guide atau pemandu. Untuk yang berkunjung ke sini, diharap untuk menyediakan upah seikhlasnya kepada pemandu dan penjaga curug.

Jam Buka Curug Dengdeng

harga tiket masuk curug dengdeng bogor
Source: ayobogor.com
Sebenarnya kapan saja Anda bisa datang ke tempat ini. Namun waktu pagi hari lebih disarankan karena di atas jam 12 siang ada larangan bagi pengunjung untuk tidak mandi di curug.

Selain itu, jangan datang pada saat musim penghujan karena jalur trekking akan berubah licin, aliran sungai pun akan makin deras dan sulit dilalui.

Lokasi dan Cara Menuju ke Curug Dengdeng

Nah, sudah tahu kan harga tiket masuk Curug Dengdeng? Tempat wisata ini letaknya tersembunyi di Desa Leuwibatu, Kampung Cikarawang, Kecamatan Rumpin, Bogor. Berada di balik bukit membuatnya sedikit menantang dan cukup sulit untuk mencapainya.

Jalurnya yang menantang ini menjadikannya cukup populer di kalangan para pelancong yang berpengalaman dalam kegiatan hiking.

Gunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau sepeda untuk menuju lokasi terdekat ke curug.

Apabila Anda datang dari pusat kota Bogor, arahkan mobil menuju Leuwiliang hingga melewati pasar dan jembatannya. Sampai pertigaan, ambil kanan menuju Rumpin dan kendaraan akan melewati jalan di sepanjang perkebunan karet.

Selanjutnya, Anda harus berhenti dan memarkirkan kendaraan di rumah penduduk karena Anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati kebun karet.

Anda bisa meminta panduan dari warga yang berjaga di pos penjaga air terjun Dengdeng. Selama di jalan tidak ada papan petunjuk sama sekali, jadi daripada tersesat mending dipandu saja ya.

Perjalanan ini memakan waktu sekitar setengah jam karena jalurnya yang cukup ekstrem. Usahakan menggunakan alas kaki yang cocok untuk medan terjal, misalnya saja sandal gunung.

Jalurnya sendiri bisa naik bisa turun dengan kemiringan nyaris 90 derajat dengan kontur tanah beragam. Jadi, harus esktra waspada agar tidak terjerembab.

Anda juga bisa menggunakan tali yang diikat ke pohon agar lebih aman.

Setelah perjalanan terjal Anda akan menemukan sungai yang cukup lebar untuk diseberangi. Sampai di sini Anda bisa sedikit bernapas lega karena setelahnya perjalanan tidak terlalu sulit.

Meski dangkal, sungainya banyak sekali tersebar bebatuan sehingga Anda pun harus tetap hati-hati agar tidak terpeleset dan terdorong arus ya.

Perjalanan setelahnya sedikit enak karena kontur tanah cenderung datar dan tidak terlalu banyak rintangan. Untuk tiba di lokasi Anda masih harus berjalan sekitar sepuluh menit.

Pesona Curug Dengdeng Bogor

Meski namanya sama dengan curug Dengdeng di Tasikmalaya nyatanya keduanya memiliki pesona yang berbeda.

Jika curug yang di Tasikmalaya memiliki bentuk yang melebar di Bogor bentuknya sempit dan diapit tebing bebatuan.
harga tiket masuk curug dengdeng 2
Curug Dengdeng Rumpin. Source: IG @nrhalizah25
Setelah sampai, Anda akan disuguhi oleh air terjun yang mengalir di antara dua tebing bebatuan dengan ketinggian lumayan.

Aliran sungai yang mengalir dan jatuh ke dinding berundak membentuk curug ini dan karena disekelilingnya tebing bukan hutan maka pemandangan yang ditawarkan pun berbeda dari air terjun kebanyakan.

Di bagian tengah dekat dengan jatuhan air ada sedimen pasir dan kerikil yang membentuk seperti pulau. Anda bisa menikmatinya melalui jembatan alami yaitu pohon tumbang atau menyeberangi sungai.

Ingat, objek wisata ini belum dikomersilkan sehingga fasilitasnya belum memadai. Untuk itu, bawalah bekal jika ingin ke sini!

Jadi, itulah informasi harga tiket masuk curug Dengdeng Bogor, alamat, dan ruter perjalanan. Tak sabar untuk berkunjung ke sini? Jangan lupa selalu perhatikan keselamatan ya! Selamat berwisata!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel