Panduan Cara Kirim Kargo Peralatan Kesehatan dengan LJR Logistics

Saat mengirimkan peralatan medis dengan tujuan membuka cabang rumah sakit atau klinik yang baru atau fasilitas perawatan kesehatan lainnya, sering kali pengirim mempertimbangkan tiga hal: 

  • Mengirim ke tujuan dengan aman
  • Mengirim ke tujuan dengan cepat
  • Mengirim dengan ongkos yang terjangkau

Pengiriman peralatan medis membutuhkan perhatian yang detail karena alat-alat kesehatan memiliki karakteristiknya masing-masing. Agar tujuan mengirimkan dengan selamat dapat tercapai.

Cara Kirim Kargo Peralatan Kesehatan dengan LJR Logistics
Image: ljrlogistics.com

Karakteristik Alat-Alat Kesehatan

Peralatan medis seringkali berukuran besar dan sangat berat. Beberapa diantaranya memiliki tantangannya tersendiri saat dikirimkan.

Mulai dari peralatan yang sangat rapuh dan mengandung komponen yang sangat mahal seperti pengukur, lensa atau cermin, dan barang-barang internal lainnya.

Harga produknya mahal serta mengandung komponen elektronik dan komputer di dalamnya.

Untuk peralatan kesehatan di bawah ini, LJR Logistics siap menangani pengirimannya: 

  • CT Scanners
  • Diagnostic Equipment, such as Sonograms
  • Fluoroscopy Equipment
  • Hospital Furniture
  • Lab Equipment
  • Lasers
  • Mammogram Systems
  • MRI Machines
  • Surgical Equipment
  • Ultrasound Equipment
  • X-Ray Devices
  • Dan lain sebagainya

Mari kita cari tahu prosedur apa yang harus kita ikuti untuk mengirim alat kesehatan melalui pengiriman barang.

Kriteria Partner Pengiriman Alat Kesehatan

Pengirim maupun penerima tentu tidak menginginkan aset hilang atau rusak selama pengiriman. Sayangnya hal ini sering dialami oleh pada produsen alat kesehatan.

Maka, sebelum memilih rekanan mengirim alat kesehatan, cek kembali background partner pengiriman:

  • Apakah partner pengiriman berpengalaman dalam mengemas dan mengirim peralatan kesehatan?
  • Apakah partner pengiriman menguasai atau familiar dengan rute pengiriman?

Cara Kirim Alat Kesehatan yang Besar, Berat, dan Bernilai Tinggi

Untuk melindungi peralatan kesehatan selama pengiriman, persyaratan pengemasan harus dipenuhi sedemikian rupa demi keselamatan dan keutuhan barang sampai di tujuan.

Maka, peralatan medis bernilai tinggi atau rapuh sangat direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam kotak kemasan dengan benar sebelum diangkut oleh truk pengangkut.

Mengemas Peralatan Kesehatan Sebelum Dikirim

Peralatan medis tidak bisa ditempatkan dalam sembarang wadah/kontainer dan diharapkan tiba dalam keadaan utuh di tempat tujuan.

Inilah alasan LJR Logistics memiliki dua langkah dalam menangani pengemasan peralatan kesehatan dan perlengkapan medis yang sensitif.

  • Langkah Pertama: Memberikan rekomendasi box atau crate terbaik berdasarkan jenis produk yang akan dikirim.
  • Langkah Kedua: Merekomendasikan jenis kemasan dan container terbaik yang bisa digunakan. Sehingga paket kiriman dapat dipasang dengan aman ke palet atau skid, dan crate  untuk pengiriman paling aman.

Pengiriman Peralatan Kesehatan dan Perlengkapan Medis

Agar alat kesehatan peralatan dan suplai medis tiba dengan aman dan tepat waktu, LJR Logistics merekomendasikan hal berikut:

1. Jangan Mendadak. Antisipasi Jadwal Pengiriman: Jangan menunggu, segera lakukan perencanaan ke depan.

2. Suhu dan Kelembaban: Apakah barang yang dikirim memerlukan suhu atau tingkat kelembaban tertentu? LJR Logistics dapat menyediakan truk dengan pengontrol tingkat kelembaban dan suhu.

3. Identifikasi Bahan Berbahaya: Pastikan untuk menginformasikan partner pengiriman jika barang kiriman mengandung bahan yang mudah meledak, beracun, radioaktif, atau berbahaya. Tindakan pencegahan “hazmat” khusus mungkin harus dilakukan untuk memastikan pengangkutan yang aman.

4. Gunakan Tailored Packaging: Untuk melindungi peralatan kesehatan dan persediaan medis, pastikan bahwa semuanya dikemas dengan perlindungan maksimal.

5. Pertimbangkan untuk Membongkar Barang-Barang Jika Perlu: Pada beberapa kasus, melindungi bagian yang sensitif mungkin mengharuskan untuk membongkar sebagian atau seluruhnya.

6. Selalu Melacak Posisi Kiriman: Percayakan pengiriman barang kepada partner pengiriman yang menyediakan layanan tracking dan berhati-hati mulai dari pengambilan, pengiriman, hingga penjemputan.

7. Asuransikan Barang: Demi mengantisipasi kemungkinan terburuk pada kiriman. 

LJR Logistics Bisa Membantu Anda

LJR Logistics adalah partner pengiriman peralatan kesehatan dan perlengkapan medis yang akan menangani persediaan rumah sakit yang rapuh.

Perlengkapan tersebut meliputi: pemindai CT, laser, photography, and surgical testing equipment dengan menggunakan kemasan khusus berupa bantalan dan penyangga yang kokoh dan aman. 

LJR Logistics berpengalaman menangani pengiriman alat kesehatan sampai tujuan ke seluruh wilayah Indonesia sehingga telah mendapat kepercayaan dari berbagai produsen perusahaan alat kesehatan.

Penanganan khusus yang diberikan oleh LJR Logistics:

  • Temperature-Controlled: Memastikan produk dan suplai medis yang sensitif tetap berada pada suhu yang tepat.
  • Liftgate: Layanan liftgate untuk memudahkan bongkar muat barang kiriman
  • Expedited Service: Jasa pengiriman yang dipercepat ketika barang dibutuhkan untuk cepat sampai.

Tentang LJR Logistics

LJR Logistics adalah jasa pengiriman cargo, yakni pengiriman dengan volume dan/atau berat yang besar. Termasuk pengiriman apparel dan pengiriman spare part kendaraan.

Berdiri sejak 1998, LJR Logistics sudah memiliki 29 cabang di kota-kota besar di Indonesia. Whatsapp kami di 0811-400-1800. Anda bisa langsung memesan jasa kargo sesuai dengan kebutuhan.