8 Aplikasi Penjernih Foto Gratis untuk Memperbaiki Foto Blur

Dalam era digital, sebagian besar masyarakat memiliki smartphone dengan kualitas kamera yang cukup baik. Namun, seringkali foto yang dihasilkan perlu diberi sedikit sentuhan agar tampak lebih menakjubkan.

Untungnya, saat ini ada banyak aplikasi untuk menjernihkan foto yang tersedia di Google Play maupun App Store. Manfaatnya tak lain dapat membantu kamu memperbaiki foto blur atau buram.

Nah, kalau kamu sering bermasalah dengan hasil foto, di artikel ini Normanardik.com akan mengulas deretan aplikasi penjernih foto terbaik. Penasaran apa saja nama aplikasinya? Yuk simak!

Aplikasi Penjernih Foto Gratis

Rekomendasi Aplikasi Penjernih Foto

Perlu diingat, untuk menghasilkan foto yang jernih, kualitas kamera tak boleh diabaikan. Perhatikan pencahayaan, fokus, dan kompisisi. Aplikasi pengeditan atau penjernih hanya berfunsi sebagai “pembantu”, bukan faktor utama.

Dikutip dari Voilajogja, kombinasi pengambilan gambar yang baik dan aplikasi penjernih foto yang tepat, hasil akhir pasti terlihat menakjubkan. Sehingga cocok untuk di-upload ke Feed IG maupun Instastory.

Berikut beberapa aplikasi penjernih foto terbaik di Android:

1. Remini

Remini, sudah tak asing dengan aplikasi yang satu ini, kan? Berbekal fitur unggulan, Remini dipercaya banyak pengguna yang ingin memperbaiki foto blur atau rusak. Dengan sekali sentuhan, foto bisa diubah jadi kualitas HD.

Kamu ingin mengembalikan kenangan masa lalu dari foto-foto jadul? Remini sangat bisa diandalkan. Berbekal teknologi AI, semua foto yang terlihat buram dapat berubah 180 derajat.

Di antara aplikasi untuk menjernihkan foto lainnya, Remini bisa dibilang paling bagus. Ini terbukti dengan jumlah unduhan 100 juta+, serta ulasan pengguna lebih dari 2,64 juta.

Developer: Bending Spoons
Size: 103MB
Rating: 4,2/5 dari 2,64 jt ulasan

2. BlurBuster

Selanjutnya ada BlurBuster yang juga masuk dalam jajaran aplikasi penjernih foto gratis. Dikembangkan oleh KallosSoft, aplikasi ini sangat berguna untuk memperbaiki kualitas foto yang tersimpan di galeri Android.

BlurBuster mengandalkan teknologi AI terbaru yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas foto. Selain foto buram atau jadul, aplikasi ini juga bisa memberbaiki foto kusam dan memperjelas warna pada foto.

Tertarik mencoba? Langsung saja download di Playstore, pastikan APK-nya dari KallosSoft dengan ukuran file sekitar 57MB.

Developer: KallosSoft
Size: 57MB
Rating: 4,7/5 dari 100 rb ulasan

3. AI Photo Enhancer

Kini tidak perlu bingung kalau mau meningkatkan kualitas foto yang buram, blur, atau rusak. Coba deh pakai AI Photo Enhancer, aplikasi penjernih foto dengan teknologi AI yang dibekali fitur dan efek menakjubkan.

AI Photo Enhancer dapat menyulap foto jadul, baik yang berusia 10 tahun maupun 20 tahun menjadi lebih jernih. Disamping itu, aplikasi ini juga mampu meningkatkan resolusi foto hingga 800%.

Developer: AI Photo Team
Size: 24MB
Rating: 4,6/5 dari 173 rb ulasan

4. PicMa

Siapa bilang memperbaiki kualitas foto harus bayar? Dengan PicMa, kamu bebas meningkatkan kualitas foto yang blur atau kusam. PicMa menawarkan fitur unggulan yang dapat dinikmati tanpa harus berlangganan.

PicMa dibuat oleh MagicTiger Photo dengan memanfaatkan teknologi AI canggih. Semua hal yang berkaitan dengan foto rusak, buram, kusam, maupun ada bercak-bercak dapat disulap menjadi seperti baru.

Developer: MagicTiger Photo
Size: 45MB
Rating: 4,5/5 dari 54 rb ulasan

5. Photoshop Express

Photoshop Express merupakan salah satu aplikasi penjernih foto gratis terbaik. Aplikasi dari Adobe ini menawarkan berbagai fitur canggih seperti kontrol warna, penyesuaian eksposur, pemotongan gambar, hingga menyempurnakan foto.

Dengan tampilan aplikasi yang simpel dan intuitif, Adobe Photoshop Express memungkinkan kamu mengedit foto dan memperbaiki bagian yang buram dengan mudah dan cepat.

Developer: Adobe
Size: 117MB
Rating: 4,5/5 dari 1,92 jt ulasan

6. Snapseed

Snapseed, dikembangkan oleh Google, layak masuk rekomendasi aplikasi penjernih foto terbaik. Snapseed dibekali ragam fitur dan tools pengeditan canggih termasuk penyesuaian warna, retouching, dan meningkatkan kualitas foto.

Tak lupa, aplikasi Snapseed juga hadir dengan fitur “Selective Adjust” yang sangat membantu proses pengeditan. Fitur ini memudahkan kita mengedit bagian tertentu secara akurat.

Developer: Google
Size: 22MB
Rating: 4,6/5 dari 1 jt ulasan

7. Pixelup

Pixelup dapat menjadi salah satu pilihan aplikasi penjernih foto terbaik. Selain memperbaiki foto yang blur atau buram, di sini juga tersedia fitur untuk mengubah foto hitam putih menjadi berwarna tanpa mengurangi kualitasnya.

Menariknya lagi, Pixelup dibekali “AI Avatars” yang memungkinkan pengguna membuat avatar dari foto. Hasilnya terlihat sangat mirip, sehingga cocok dipakai untuk foto profil media sosial.

Developer: Codeway Dijital
Size: 118MB
Rating: 4,4/5 dari 85 rb ulasan

8. Pixlr

Terakhir, aplikasi Pixlr cocok untuk pemula yang ingin menjernihkan foto. Selain gratis, aplikasi dari Inmagine Lab ini juga mudah digunakan. Jadi, kamu tak perlu bingung saat mengedit foto. Dengan sekali sentuhan, foto blur bisa berubah jadi bagus!

Pixlr menyediakan berbagai tools pengeditan, filter, dan efek yang dapat membantu mengubah foto-foto biasa menjadi karya seni yang menakjubkan.

Developer: Inmagine Lab
Size: 31MB
Rating: 4,3/5 dari 1 jt ulasan

Akhir Kata

Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, kita bisa melakukan apa saja, termasuk mengubah kualitas foto. Masing-masing aplikasi punya fitur dan keunikan tersendiri, pilih salah satu yang menurut kamu paling bagus, ya!

Itulah beberapa aplikasi penjernih foto gratis terbaik untuk Android & iOS. Kalau kamu punya banyak koleksi foto-foto jadul maupun blur, rekomendasi di atas wajib dicoba.