Cara Menggunakan EM4 di Peternakan Ayam dan Manfaatnya

EM4 di peternakan ayam jadi salah satu larutan yang sangat penting. Selain punya banyak manfaat, cara menggunakan EM4 di peternakan ayam juga cukup mudah.

Karena dibuat dari bahan-bahan alami, EM4 memberikan manfaat perternakan ayam yang sangat signifikan. Sehingga tak heran, ini jadi syarat wajib untuk beternak ayam.

Nah, bagi kamu yang baru menggeluti dunia peternakan ayam, baik itu broiler maupun petelur, artikel ini akan mengulas lebih lengkap apa itu EM4 dan cara menggunakannya.

Cara Menggunakan EM4 di Peternakan Ayam

Mengenal EM4 dan Manfaatnya

EM4 atau Efektif Mikroorganisme 4 adalah sebuah larutan yang dibuat dengan mikroorganisme baik. Ini semacam suplemen yang mampu meningkatkan kualitas ternak.

Karena terbuat dari bahan-bahan organik, EM4 sangat aman disebar ke seluruh area kandang, termasuk box berisi makanan atau minuman ayam.

Kalau kamu bertanya bentuk EM4 itu seperti apa, larutan ini biasanya dijual dalam botol berwarna cokelat. Sementara warna larutan cokelat kekuningan. 

Adapun manfaat EM4 untuk peternakan ayam sebagai berikut:

  • Mengurangi tingkat stres pada ternak
  • Kualitas daging jadi lebih baik
  • Menjaga kesehatan ternak agar tidak mudah sakit atau mati
  • Mikroorganisme baik di saluran pencernaan jadi lebih terjaga
  • Sistem reproduksi ternak jadi lebih meningkat
  • Kebersihan kandang lebih terjaga
  • Mengurangi keberadaan lalat karena kotoran yang bau

Memulai usaha berternak ayam memang tidak mudah. Perawatannya harus optimal kalau kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, penggunaan EM4 di peternakan ayam sangat dianjurkan. Ini adalah solusi kesehatan terbaik yang dapat menjaga area kandang tetap stabil dan tidak berbau.

Cara Menggunakan EM4 di Peternakan Ayam

Bagi peternak, kita tentunya ingin mengurangi bau yang dihasilkan dari kotoran. Apalagi jika lokasi kandang berada tak jauh dari pemukiman warga.

Kandang yang bersih bukan hanya bermanfaat untuk ternak, namun juga menghindari keluhan dari tetangga. Dengan begitu, usaha yang kita jalani jadi lebih berkah.

Oh iya, kalau kamu mau beli EM4, produk ini banyak dijual di e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee. Harganya sekitar Rp25.000 - Rp30.000 per botol.

Untuk cara menggunakan EM4 di peternakan ayam sebagai berikut:

1. Pakan

Karena aman, kita bisa menggunakan EM4 untuk pakan ternak. Caranya cukup mudah, tinggal campurkan larutan EM4 dan air.

Dosis yang diberikan 1 cc EM4 per 1 liter air. Jika sudah, kamu bisa menyemprotkan campuran tersebut ke pakan, cukup 1 atau 2 kali semprot saja.

2. Air Minum

Selanjutnya, cara menggunakan EM4 di peternakan juga bisa di air yang akan diminum ayam. Dosisnya sama seperti pemberian pakan, yakni 1 cc EM4 per 1 liter air.

Untuk hasil yang lebih maksimal, pemberian EM4 wajib dilakukan secara rutin 1 hari sekali atau setiap jam-jam makan ternak.

3. Limbah atau Kotoran

Terakhir, larutan EM4 bukan hanya bisa diberikan untuk konsumsi ternak, namun juga membersihkan kandang dari lalat dan kotoran yang bau.

Cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkan cairan ke area kandang minimal 2 atau 3 kali sehari. Lakukan hal ini secara rutin, jangan bolong-bolong.

Komposisinya sedikit berbeda dari pemberian makan dan minum. Untuk penyemprotan area kandang, EM4 harus dicampur dengan gula dan air.

Perbandingannya 1:1:100,  namun untuk mendapatkan manfaatnya, larutan yang sudah dicampur harus didiamkan selama 3 hingga 7 hari.

Akhir Kata

Dunia peternakan memang butuh usaha yang optimal. Tidak bisa sekedar kasih makan dan membersihkan kandang, namun juga memberikan “obat” tambahan seperti EM4.

Demikian uraian tentang cara menggunakan EM4 di peternakan ayam. Mengingat manfaatnya yang begitu banyak, para peternak wajib menggunakan larutan ini agar hasil lebih maksimal.