6 Tips Memilih Jasa Penulis Artikel untuk Kebutuhan Website

Dalam pengembangan website, konten merupakan komponen paling penting. Kita harus menyajikan tulisan berkualitas yang enak dibaca dan juga menjawab pertanyaan pengunjung. Sehingga nantinya mendapat ranking terbaik di Search Engine.

Untungnya, saat ini ada banyak jasa yang berhubungan dengan konten blog atau website. Jadi, bagi kamu yang kurang paham dengan SEO dan konten, bisa mengandalkan jasa penulis artikel berkualitas.

Di era digital konten bukan hanya penting untuk blogger, namun juga bisnis dan perusahaan. Umumnya, ini digunakan sebagai sarana marketing dengan informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa.

Nah, untuk kamu yang masih awam, sebaiknya pahami tips memilih jasa penulis artikel berkualitas. Karena sekarang tak sedikit jasa abal-abal yang menghiraukan aspek terpenting dalam penulisan konten.

Tips Memilih Jasa Penulis Artikel

Tips Memilih Jasa Penulis Artikel

Tujuan dari artikel website tak lain untuk meningkatkan visibilitas brand. Selain itu, juga membantu kita dalam memperluas jangkauan, sehingga menghasilkan traffic unik berdasaran target marketing dari produk atau jasa.

Berikut beberapa tips memilih jasa penulis artikel:

1. Tinjau Portofolio

Sebelum memilih jasa tulis artikel, penting bagi kita untuk melihat portofolio atau rekam jejak dari jasa tersebut. Ini bertujuan agar bisa mengevaluasi dan mengetahui pengalaman serta kualitas tulisan mereka.

Dalam prosesnya, kamu bisa meminta contoh artikel yang pernah ditulis. Karena biasanya, jasa penulis artikel berpengalaman memiliki ratusan atau bahkan ribuan portofolio yang tersebar di banyak media.

Setelah melihat contoh artikel, kamu bisa tahu apakah jasa tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Kendati sudah merasa cocok, ada baiknya kamu coba pesan satu atau dua artikel dulu.

2. Pahami Kebutuhan Website

Selanjutnya, kamu juga wajib memahami kebutuhan website. Maksudnya, tak semua jasa penulis artikel memiliki gaya bahasa dan pertimbangan topik serupa. Ada yang menggunakan bahasa formal, dan ada juga bahasa “friendly”.

Jadi, kamu harus teliti sebelum memutuskan untuk pesan artikel. Kalau kamu ingin konten khusus, misalnya yang berhubungan dengan industri, pastikan pilih jasa penulis yang punya pengetahuan luas seputar topik tersebut.

3. Cek Kualitas dan Orisinalitas

Tentunya, tips memilih jasa penulis artikel juga harus memperhatikan kualitas dan orisinalitas. Jangan sampai artikel yang kita pesan berkualitas buruk atau hasil copy paste/spinner yang tidak baik untuk website.

Apalagi saat ini ada ChatGPT yang mampu menyajikan artikel dalam beberapa detik. Kamu harus tahu cara membedakan artikel original dan hasil spinner atau ChatGPT. Pasalnya, artikel jenis ini tidak disukai Google. 

4. Bandingkan Harga

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah membandingkan harga jasa satu dengan jasa penulis artikel lainnya. Namun, kamu jangan fokus pada harga termurah. Pertimbangkan juga kualitas artikel dan layanannya.

Coba bandingkan harga yang tertera berdasarkan satuan atau paket. Kemudian cek contoh artikel mereka. Apabila perbedaan harga tak begitu jauh, pilih jasa penulis artikel yang sedikit lebih mahal namun kualitas artikelnya lebih baik.

5. Cek Ulasan Pelanggan

Tips memilih jasa penulis artikel lainnya adalah melihat ulasan atau review dari pelanggan. Kamu bisa cek testimoni pada website, atau kalau pesan di Facebook bisa tanya ke pengguna yang pernah memesan.

Review dari klien sebelumnya dapat dijadikan referensi atau gambaran tentang kualitas artikel yang dibuat. Perhatikan juga gaya bahasa, tanda baca, huruf besar dan kecil, profesionalisme, dan ketepatan waktu.

6. Pesan Satu Artikel Dulu

Terakhir, sebelum pesan artikel dalam jumlah banyak, sebaiknya kamu mencoba satu artikel dulu. Tujuannya tak lain untuk melihat apakah ulasan pelanggan dan contoh artikel yang dikirim sesuai atau tidak.

Bukan rahasia umum kalau sebagian besar jasa penulis artikel tidak konsisten. Terkadang artikel mereka sesuai dengan contoh, dan ada juga yang menyajikan sampel artikel sebagai “pancingan” ke kostumer baru.

Akhir Kata

Sangat penting bagi pebisnis maupun pemilik website memperhatikan kualitas konten. Ini merupakan langkah dasar agar strategi marketing atau tujuan website dapat berjalan sesuai keinginan.

Meskipun saat ini ada banyak tawaran, beberapa tips memilih jasa penulis artikel di atas wajib kamu pahami. Jangan sampai salah pilih, karena selain rugi materi, kesempatan bersaing di Search Engine juga akan hilang.