3 Tips Membangun Rumah yang Bernilai Investasi Tinggi 2024

Rumah adalah kebutuhan pokok setiap orang. Semua orang pasti membutuhkan rumah yang nyaman dan mempunyai fungsi yang baik, namun perlu Anda sadari juga bahwa rumah juga merupakan investasi atau aset jangka panjang.

Jika Anda membangun rumah dengan tanah dan bangunan yang bernilai 400 juta misalnya, maka sepuluh tahun ke depan atau lebih rumah Anda itu akan memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi.

Tentunya membangun rumah dengan memikirkan investasi jangka apnjang ini juga memerlukan pertimbangan yang matang. Berikut ini adalah cara yang jitu untuk membuat rumah Anda bernilai investasi tinggi.

Tips Membangun Rumah yang Bernilai Investasi Tinggi

1. Mencari Lokasi yang Baik dan Strategis

Langkah pertama adalah lokasi yang baik. Perlu digaris bawahi bahwa lokasi baik ini tidak melulu harus berada di pusat kota. Karena tanah di pusat kota harganya pasti sudah selangit.

Akan sangat berat bagi Anda yang masih muda dengan kemampuan ekonomi yang belum terlalu besar. Jaman sekarang area tepi kota pun juga sangat ramai dan padat penduduk.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah lokasi yang bebas banjir. Jika memang daerah itu memang langganan banjir, setidaknya pilihlah yang tidak parah.

Jika hujan lebat sudah reda setidaknya genangan air di daerah itu cepat turun dan tidak menggenang terlalu lama.

Selanjutnya, carilah tanah kavling dengan jalan yang agak lebar, atau minimal 5 meteran. Jalan yang lebar ini setidaknya bisa dilalui 2 mobil berseberangan.

Perlu diketahui, tanah dengan jalan yang lebar menandakan bahwa area itu adalah kelas menengah ke atas (bukan wilayah kampung). Hal-hal yang berkaitan dengan lokasi tanah tentunya sangat penting.

Karena mau semahal atau semewah apapun Anda membangun rumah, akan percuma jika lokasi yang dipilih tidak tepat.

2. Menggunakan Desain Rumah yang Baik

Membangun rumah tentunya harus direncanakan dengan baik. Jangan sampai rumah yang Anda bangun dengan biaya besar ini dibuat asal-asalan. Anda harus memperhatikan beberapa aspek penting yaitu fungsi, struktur, dan estetika.

Pastikan rumah Anda memiliki fungsi ruang yang baik dan nyaman, memiliki struktur yang kuat, dan mempunyai tampilan menarik.

Ketiga hal ini tentu akan membuat rumah Anda sebagai aset masa depan lebih bernilai tinggi.

Jaman sekarang untuk membuat rencana dan desain rumah bernilai investasi tidaklah sulit. Layanan jasa desain rumah online jaman sekarang sangat banyak bertebaran di internet.

Bahkan Anda yang berada di kota kecil pun juga bisa menggunakan jasa semacam ini karena metodenya online. Terlebih lagi, harganya juga tidak terlalu mahal.

Bahkan mereka menyediakan beberapa paket gambar yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan budget desain.

Tips ketika Anda mencari layanan ini adalah pastikan mencari di website yang sudah terpercaya dan memiliki banyak portfolio.

Dan sebelum itu, Anda juga sebaiknya harus menentukan gaya desain rumah apa yang disukai. Anda bisa mencari model ide desain rumah di internet. Tentunya ada jutaan referensi desain yang bisa Anda search di Google.

3. Mengurus IMB

Langkah selanjutnya adalah pastikan Anda membangun rumah dengan dilengkapi perijinan yang lengkap yaitu IMB. Jaman sekarang mulai dari tahun 2022 pengurusan IMB bisa dilakukan secara online.

Anda butuh gambar rumah dengan arsitek yang mempunyai surat keahlian untuk persyaratan IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Adapun banyak sekali kelebihan yang didapatkan dengan memiliki surat-surat yang lengkap. Di antaranya adalah:

Jaminan Perlindungan Hukum – Dengan memiliki surat artinya Anda telah menaati peraturan dan mempunyai jaminan perlindungan hukum. Anda tidak khawatir jika seandainya bangunan Anda terkena penggusuran atau lainnya.

Disamping itu jika Anda tidak mengurus IMB akan beresiko dikenakan sanksi karena melanggar tata tertib yang diberlakukan oleh pemerintah.

Mudah Urus Perbankan – Dengan IMB rumah Anda akan lebih mudah untuk keperluan transaksi. Misalnya jika rumah mau dijual dengan cara kredit, rumah Anda harus memiliki surat-surat resmi.

Disamping itu rumah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai jaminan ketika Anda hendak meminjam uang di bank.

Status Tanah yang Lebih Baik – Jika Anda mendapati tanah yang statusnya di bawah SHM, maka persyaratan untuk meningkatkan statusnya menjadi SHM Anda harus memiliki IMB.

Tanah yang berstatus SHM ini tentunya nilainya lebih tinggi. Dengan ini secara tidak langsung Anda juga meningkatkan nilai investasi pada rumah Anda.

Itulah tadi beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah menjadi investasi masa depan yang bernilai tinggi. Pastikan memahami setiap detail agar tidak menyesal setelah mengeluarkan budget besar.