HP Lag atau Patah-patah Saat Main Game Free Fire? Ini Cara Mengatasinya

HP Patah-patah Saat Main Game Free Fire

Salah satu game moba yang populer, Free Fire lumayan rutin melakukan pembaruan. Akibatnya memicu lambatnya tempo permainan (patah-patah).

Tentunya membuat pemain memerlukan cara mengatasi HP patah patah saat main game Free Fire agar tidak jengkel.

Terlebih kalau hal ini terjadi di tempat ramai, pastinya dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Namun, sebelum masuk ke penjabaran cara mengatasi hp patah patah saat main game Free Fire sebaiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. 

Biasanya nge-lag terjadi oleh dua faktor yaitu internal atau spesifikasi sistem smartphone yang tidak kompatibel dan eksternal atau koneksi internet yang terganggu. Langsung saja, simak pembahasan singkatnya di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Patah-patah Saat Main Game Free Fire

1. Pastikan Akses Internet Stabil

Akses internet menjadi faktor pertama dalam memainkan Free Fire, untuk itu pemain harus memastikan ketersediaan koneksi agar permainan tidak nge-lag.

Bagi pengguna ponsel 3G, disarankan bermain game pada cafe yang men-support stabilnya jaringan.

Lalu, bagaimana dengan pemilik smartphone yang memiliki dukungan 4G? Selama tidak ada gangguan dari servernya, game Free Fire akan lancar dimainkan.

Selain itu, hindari bermain saat cuaca buruk karena akan memutus akses jaringan dan membahayakan.

2. Non-aktifkan Penghemat Daya

Pemakaian penghemat daya tampaknya berpengaruh dalam memainkan game Free Fire, karena fitur ini akan membatasi sistem operasi pada smartphone. Itu artinya secara tidak langsung akses jaringan terganggu atau berkurang. 

Mematikan penghemat daya pada smartphone dapat menjadi salah satu cara mengatasi hp patah patah saat main game Free Fire.

Dengan begitu jika pemain ingin memainkan permainan moba ini disarankan mengisi baterai terlebih dahulu agar tidak bermasalah.

3. Non-aktifkan Fitur Obrolan Suara

Selain penghemat daya, fitur obrolan suara pada gim Free Fre dapat mempengaruhi jalannya permainan. Dengan pemakaian ini maka secara otomatis kerja sistem menjadi lebih tinggi yang berdampak pada panasnya smartphone. 

Untuk itu, pemain sebaiknya mematikan opsi percakapan, walaupun dampaknya tidak bisa berkomunikasi secara langsung.

Selain menghindarkan patah patah, bagi pemilik smartphone yang memakai jaringan pribadi, tentu akan lebih hemat dalam penggunaannya. 

4. Manfaatkan Aplikasi Pendukung Game (Game Booster)

Game Booster merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi HP patah patah saat main game Free Fire.

Mengapa? Fungsi dari piranti ini yaitu mengoptimalkan performa smartphone saat memainkan sebuah game. 

Apalagi jika pemain membuka software lain secara bersamaan akan sangat berdampak pada permainan.

Hanya saja aplikasi ini berguna untuk spesifikasi smartphone dengan RAM di bawah 3GB, karena kinerja sistem sudah didesain sesuai kebutuhan. 

Jadi, bagi pemain yang memiliki penyimpanan yang cukup besar mungkin tidak memerlukan piranti game booster. Sehingga bisa menjalankan alternatif yang lainnya. 

5. Login Pada Waktu Tertentu 

Mengingat game Free Fire cukup favorit maka dalam memainkannya pemain harus pintar menyiasati waktu jika tidak ingin mengalami lag.

Ada baiknya hindari pukul 14.00 sampai 20.00 (terlebih 18.00), karena baik orang dewasa atau anak-anak sedang beristirahat. 

Sebaliknya jika pengguna memutuskan untuk bermain di luar jam tersebut, maka pemain lain tidak terlalu aktif. Sehingga pemakaian aplikasi pun dapat lebih dioptimasi dan menjadi lebih lancar dan seru pastinya! Terutama bila dimainkan di atas pukul 21.00. 

Itulah cara mengatasi HP patah patah saat main game Free Fire yang bisa dimanfaatkan oleh para gamers. Tentunya gim akan sangat seru dan menyenangkan jika permainan lancar (tidak ada gangguan yang dapat menghambat jalannya battle).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2