Cara Meningkatkan Imun Tubuh dengan Tanaman Herbal Alami

Meningkatkan Imun Tubuh – Di tengah kondisi seperti saat ini mau tidak mau kita harus merubah kebiasaan lama yang kurang sehat agar kekebalan tubuh terjaga dan terhindar dari segala macam penyakit.

Imunitas yang baik merupakan faktor penting yang harus kita perhatikan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, mengonsumsi tanaman herbal adalah cara paling ampuh untuk mencapai imunitas tubuh yang baik.

Selain itu ada banyak cara sehat yang bisa Anda lakukan di rumah yang tentunya sangat mudah dilakukan. Namun sebelumnya normanardik.com akan menjelaskan secara singkat pengertian dari imunitas tubuh.

Pengertian Imunitas Tubuh

Imunitas atau kekebalan tubuh merupakan suatu mekanisme yang ada dalam tubuh manusia untuk melawan dan mencegah virus, bakteri maupun benda asing berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Cara kerja dari imunitas adalah dengan menolak apapun yang ingin masuk ke dalam tubuh karena bukan bagian dari jaringan tubuh sendiri.


Contoh sederhananya seperti kita berada di dalam rumah seorang diri lalu ada orang tidak dikenal ingin masuk, karena kita mengerti kalau orang tersebut adalah orang asing akhirnya kita tidak mengizinkannya masuk. Seperti itulah cara kerja imun tubuh.

Tips Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem imun sendiri pada dasarnya bisa menurun, untuk itu kita harus menjaga dan meningkatkannya agar dapat bekerja dengan baik seperti seharusnya. Berikut tips meningkatkan imun agar tubuh tetap prima dan terjaga dari segala macam penyakit.

Istirahat Cukup

Istirahat merupakan aktivitas mutlak yang wajib dijalani oleh setiap individu dengan tujuan agar tubuh kembali pulih setelah melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga maupun pikiran.

Lalu apa kaitannya istirahat dengan imunitas? Ketika kita menggerakkan anggota tubuh, otomatis daya tahan tubuh akan berkurang. Dibutuhkan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh atau imun kembali bekerja dengan baik.

Olahraga Teratur

Tips meningkatkan imun tubuh selanjutnya adalah dengan olahraga yang teratur. Lakukan olahraga ringan seperti lari pagi, push up, sit up, ataupun lompat tali minimal 30 menit setiap harinya. Dengan berolahraga rutin, tubuh akan tetap prima dan kebal dari berbagai macam virus yang mengancam.

Makanan Bergizi dan Sehat

Disarankan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi seperti buah dan sayuran. Kurangi makanan berlemak yang tak baik untuk kesehatan.

Menurut penelitian, orang-orang yang rutin mengonsumsi makanan bergizi dan sehat senantiasa terjaga dari virus dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Kurangi Rokok dan Alkohol

Penyebab lain dari rusaknya sistem kekebalan tahan tubuh adalah rokok dan alkohol. Jika Anda adalah seorang perokok sebaiknya kurangi sedikit demi sedikit.

Karena rokok mengandung banyak bahan kimia yang menjadi penyebab penyakit berbahaya seperti inpeksi paru, jantung, hingga hipertensi.

Sedangkan alkohol sama bahayanya dengan rokok karena penyakit seperti kanker, gangguan hati, hingga gangguan otak dan saraf akan menyerang orang-orang yang candu alkohol.

Jangan Stres

Di dalam tubuh ada hormon yang namanya hormon kortisol. Jika kita mengalami stres, produksi hormon kortisol pasti meningkat dan fungsi kekebalan tubuh akan menurun jika terus dibiarkan. Untuk itu disarankan bagi Anda menghindari stres agar tubuh tetap terjaga.

Hindari Pikiran Negatif

Sama halnya dengan stres, pikiran negatif juga dapat menjadi penyebab berkurangnya kinerja sistem imun. Jauhkan diri dari pikiran-pikiran buruk. Cara paling ampuh agar pikiran selalu positif adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga.

Vitamin Tambahan

Jika Anda dituntut untuk selalu melakukan pekerjaan dengan tenaga dan pikiran yang ekstra, ada baiknya juga mengonsumsi vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dari beberapa vitamin atau suplemen yang beredar di pasaran, pastikan Anda memilih vitamin yang mengandung komposisi seperti echinacea, morinda citrifolia atau buah mengkudu, phylantus atau daun meniran, dan vitamin B6, C, dan E.

Namun sebagian orang ada yang tak cocok dengan vitamin atau suplemen yang dijual di apotek, untuk itu perlu konsultasi lebih lanjut kepada dokter agar dipilihkan vitamin yang aman dan cocok dengan tubuh Anda.

Tanaman Herbal Alami

Selain berolahraga, mengonsumsi vitamin tambahan dan meninggalkan kebiasaan lama yang tak baik untuk kesehatan, mengonsumsi tanaman herbal juga bisa bermanfaat meningkatkan imunitas pada tubuh.

Ada banyak jenis tanaman atau tumbuhan herbal yang sangat mudah Anda temukan di pasar maupun warung sayuran dekat rumah.

Seperti yang kita tahu, Indonesia kaya akan keanekaragaman tumbuhan yang memiliki manfaat baik. Berikut adalah tanaman herbal alami yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Temulawak

Temulawak sangat kaya akan kandungan kurkumin sebagai fungsi dari antiperadangan yang mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Tak hanya itu saja, penelitian membuktikan bahwa temulawak juga bermanfaat sebagai penjaga tubuh dari virus dan bakteri.

Nah, jika ingin meningkatkan imun tubuh dengan tanaman herbal alami, temulawak bisa jadi pilihan. Namun temulawak juga dapat menimbulkan efek samping untuk ibu hamil menyusui, pengidap kantung empedu, dan gangguan hati.

Selain itu temulawak juga tak bisa dikonsumsi secara berlebih, karena akan menyebabkan iritasi lambung dan mual-mual.

Daun Kelor

Karena keberadaannya sangat jarang dijumpai, nama daun kelor terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Daun keloar atau miracle tree adalah sejenis tanaman herbal dengan segudang manfaat baik untuk tubuh.

Selain dipercaya sebagai penangkal dari gangguan gaib, tanaman yang memiliki daun kecil-kecil ini dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Meniran

Cara meningkatkan imun tubuh dengan tanaman herbal selanjutnya adalah dengan memanfaatkan meniran sebagai obat alami. Meniran atau gasau madungi merupakan tanaman liar dengan daun kecil lebat dan batang yang tegak lurus.

Meskipun banyak yang menganggap meniran adalah rumput liat, nyatanya kandungan yang terdapat pada tanaman ini mampu menjaga tubuh dari virus, bakteri, dan juga meningkatkan jumlah dan aktivitas sel-sel imun.

Jahe

Siapa yang tak tahu jahe? Tumbuhan yang sering digunakan sebagai penambah cita rasa masakan itu juga dipercaya dapat meningkatkan imun dan menjaga tubuh agar tetap prima.

Selain empat tanaman herbal di atas, masih banyak tanaman lain yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti jinten hitam, batang sereh, kunyit, bawang putih, biji labu, kayu manis, brotowali, dan chia seed.

Penutup

Poin yang dapat kita ambil dari artikel di atas adalah daya tahan tubuh atau imun dapat ditingkatkan dengan menerapkan pola hidup yang sehat seperti berolahraga, mengatur pikiran agar tidak stres, dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Nah, di tengah kondisi yang mengharuskan kita untuk menjaga kondisi kesehatan seperti sekarang ini, cara meningkatkan imun tubuh di atas bisa Anda terapkan agar tubuh tetap bisa bekerja seperti seharusnya.

Referensi:
https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit
https://www.halodoc.com/manfaat-temulawak-untuk-tingkatkan-imunitas-tubuh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel