Kenapa Tidak Bisa Unggah Foto KTP di Prakerja? Simak Solusinya

Tidak Bisa Unggah Foto KTP di Prakerja

Ada ragam masalah yang dihadapi calon peserta ketika hendak daftar Kartu Prakerja. Salah satu yang umum terjadi adalah tidak bisa unggah foto KTP di Prakerja. Meskipun terlihat sepele, nyatanya kendala ini sangat menyebalkan.

Apalagi kalau kita sudah menyiapkan semua syarat dokumen dan berharap bisa langsung diterima. Umumnya, proses unggah foto KTP dapat dilakukan dengan mudah. Tapi karena akses website membludak, server Prakerja error.

Nah, di artikel ini Normanardik.com akan jelaskan penyebab tidak bisa unggah foto KTP di Prakerja beserta cara mengatasinya. Pastikan simak sampai habis agar tidak salah langkah!

Syarat Unggah Foto KTP Saat Daftar Prakerja

Gagal upload foto e-KTP adalah keasalahan umum yang terjadi saat mengikuti proses pendaftaran Kartu Prakerja. Biasanya ini terjadi karena calon peserta tidak mengikuti semua persyaratan yang tertera di laman web.

Berdasarkan keterangan pemerintah, ini syarat mengunggah foto KTP saat proses daftar:

  • Gunakan KTP asli, jangan yang fotocopy
  • Pastikan posisi e-KTP tepat di dalam bingkai kamera
  • Ukuran file foto KTP tidak boleh lebih dari 2MB
  • Format file JPEG atau PNG

Jika semua syarat di atas sudah kamu ikuti, seharunya unggahan foto KTP akan berhasil. Kalau masih gagal juga, besar kemungkinan kendala ada di server Kartu Prakerja yang saat itu mendapat kunjungan melampaui batas.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Unggah Foto KTP di Prakerja 

Seperti penjelasan awal, ada banyak penyebab gagal unggah foto KTP saat daftar Kartu Prakerja. Salah satunya KTP sudah terdaftar di Prakerja. Sebelum mencoba solusi, pertama-tama kamu harus paham dengan masalahnya.

Berikut ini admin akan jelaskan cara mengatasi tidak bisa unggah foto KTP di Prakerja. Mari simak!

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Untuk mengakses aplikasi maupun situs di internet, dibutuhkan koneksi internet. Apalagi Prakerja merupakan program pemerintah yang paling diminati. Pengunjung pasti membludak, terutama pagi dan siang hari.

Oleh karena itu, kamu wajib memiliki provider internet dengan koneksi yang lancar. Kalau bisa gunakan Wi-Fi dan sebisa mungkin hindari Hotspot publik yang terhubung ke banyak perangkat.

2. Perhatikan Kualitas Foto

Faktor utama yang menyebabkan KTP gagal terunggah saat daftar Prakerja adalah kualitas foto yang kurang bagus. Entah itu ngeblur atau ada tulisan yang ketutupan objek lain. Jadi, cek kembali kualitas foto KTP sebelum mengunggahnya.

Selain itu, cek juga ukuran file foto. Pastikan tidak lebih dari 2MB. Kalau melewati batas tersebut, kamu bisa kecilkan file size pakai situs compress seperti TinyPNG atau CompressJPEG.

3. Jangan Ada Bayangan di Foto

Ketika mengambil foto KTP, usahakan tidak ada objek lain yang ikut terfoto atau bayangan dari kepala, tangan, dan bagian tubuh lain. Sebab, hal ini bisa jadi penghalang saat unggah foto di Prakerja.
 
Oleh karena itu, jika mau ambil foto KTP sebaiknya gunakan pencahayaan tambahan atau foto di luar ruangan agar semua teks di dalam KTP terlihat jelas.

4. Akses Situs Prakerja di Malam Hari

Tujuan mengakses situs Prakerja di malam hari tak lain untuk menghindari server down. Sebab, di jam 8 pagi sampai sore hari biasanya kunjungan situs prakerja.go.id membludak. Waktu terbaik sekitar jam 1 hingga 3 dini hari.

Selain empat masalah di atas, KTP sudah terdaftar di Prakerja juga bisa jadi penyebab gagal unggah foto. Untuk masalah ini, kamu harus cek dulu siapa yang pernah menggunakan data kamu.

Itulah ulasan lengkap tentang penyebab tidak bisa unggah foto KTP di Prakerja beserta cara mengatasinya. Semoga setelah baca artikel ini kamu bisa menyelesaikan proses pendaftaran dan langsung disetujui.