Inilah Nominal Denda Shopee Pinjam Jika Telat Bayar Tagihan 2022

Denda Shopee Pinjam

Denda Shopee Pinjam
– Selain fokus pada e-commerce, Shopee juga melebarkan sayap ke berbagai sektor. Seperti Paylater dan SPinjam yang merupakan layanan terbaru untuk pinjaman online dengan syarat mudah.

Seperti halnya aplikasi pinjol legal, Shopee Pinjam sudah terdaftar di OJK, sehingga masyarakat yang butuh dana cepat tak perlu khawatir soal keamanan data. Disamping itu, SPinjam juga menawarkan limit besar kepada pengguna Shopee.

Meskipun begitu, dari segala keuntungan yang diberikan, kamu harus bayar tagihan tepat waktu. Sebab apabila terlambat, ada denda Shopee Pinjam yang berlaku. Untuk nominalnya tergantung total tagihan.

Semua Hal Tentang SPinjam

SPinjam adalah layanan terbaru dari Shopee yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengajuan pinjam duit secara online dengan mudah. Layanan ini berdiri di bawah PT Lentera Dana Nusantara dan diawasi oleh OJK.

Jadi sudah jelas kalau keamanan Shopee Pinjam tak perlu diragukan lagi. Tapi tentunya, jika ingin menggunakan layanan ini, kamu harus benar-benar dalam kondisi kepepet. Sebab, bunga pinjamannya lumayan besar.

Bunga Shopee Pinjam mulai dari 1,95% hingga maksimal 3% tergantung durasi pinjaman. Pengguna bisa memilih periode cicilan 2, 3, 6, atau 12 bulan.

Sementara untuk cara mengaktifkan SPinjam, langsung masuk ke menu Saya di aplikasi Shopee, lalu pilih SPinjam.

Setelah itu ikuti perintah yang diberikan. Pastikan kamu melampirkan foto selfie, KTP, dan nomor rekening sebagai syarat.

Shopee Pinjam dan SPaylater apakah sama? Keduanya merupakan layanan dari Shopee, tapi kegunaannya jelas berbeda. Paylater hanya untuk pembayaran di aplikasi Shopee, sementara SPinjam bisa dicairkan ke rekening.

Nah, kalau kamu tertarik mengajukan pinjaman dana lewat aplikasi Shopee, sebelum itu ketahui dulu berapa denda Shopee Pinjam. Ini penting agar selalu bayar tagihan tepat waktu dan terhindar dari denda.

Berapa Denda Shopee Pinjam?

Seperti pinjol lain, nasabah yang telat membayar tagihan pasti akan dikenakan denda, Shopee Pinjam juga begitu. Bedanya, bunga keterlambatan lebih kecil dibanding aplikasi pinjaman online, khususnya yang ilegal.

Adapun denda Shopee Pinjam adalah 5% dari total tagihan setiap bulannya. Jadi kalau kamu telat bayar Shopee Pinjam 1 bulan, maka simulasi nominal denda sebagai berikut:

Total Tagihan Bulanan SPinjamBesaran Denda
Rp90.000Rp4.500
Rp170.000Rp8.500
Rp320.000Rp16.000
Rp530.000Rp26.500
Rp1.500.000Rp75.000

Melihat angka-angka di atas memang bikin kita mikir, “ah denda Shopee Pinjam kecil banget!”. Tapi percayalah, konsekuensinya lebih dari sekedar angka.

Ada kerugian lain yang kita rasakan jika terlambar bayar Shopee Pinjam. Contohnya kredit skor di BI atau OJK rendah, dan yang paling parah ke depannya kita tidak bisa mengajukan SPinjam lagi.

Cara Bayar Denda Shopee Pinjam

Kalau sudah terlanjur lupa melunasi tagihan bulanan, apa boleh buat, kamu harus bayar denda sesuai kesepakatan. Setelah ini pastikan kamu tidak terlambat lagi karena akan berpengaruh pada kredit skor OJK.

Cara bayar denda Shopee Pinjam sama seperti melunasi tagihan. Nantinya denda akan diakumulasi bersama nominal tagihan yang sedang berjalan.

Perlu diketahui, batas pembayaran Shopee Pinjam agar tidak kena denda adalah tanggal 5 setiap bulan. Sementara minimal pembayaran Rp20.000 yang bisa dibayar lewat Shopeepay, Indomaret, atau rekening bank.

Jadi intinya, kalau ingin bayar denda keterlambatan SPinjam, kamu tinggal lunasi di tagihan bulan berikutnya. Tidak perlu bayar terpisah, karena akan merepotkan kamu sendiri.

Penutup

Bunga denda 5% cukup besar untuk ukuran kesalahan yang bisa dihindari. Bayangkan, denda tersebut seharusnya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lain atau checkout barang di keranjang Shopee.

Jadi itulah penjelasan tentang denda Shopee Pinjam yang harus dibayar kalau kamu terlambat melunasi tagihan bulanan. Jangan pernah berpikir untuk galbay karena SPinjam legal dan diawasi langsung oleh OJK.