Cara Daftar PPDB Online SMP Negeri Pekanbaru Riau Tahun 2022

Cara Daftar PPDB Online

PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2022 dilaksanakan secara online. Untuk Kota Pekanbaru, pendaftaran dimulai tanggal 29 Juni 2022 melalui situs ppdbpekanbaru.id yang berlangsung hingga 5 Juli 2022.

Berdasarkan keterangan ppdb.riau.go.id, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan orang tua jika ingin mendaftarkan anak ke sekolah, dalam hal ini SMP Negeri, melalui PPDB Online 2022.

Di artikel ini, saya akan menjelaskan tahapan dan cara daftar PPDB Online SMP Negeri Pekanbaru Riau tahun ajaran 2022/2023.

Untuk SMA atau SMK, saya kurang tahu, karena kebetulan saya hanya mendaftaran adik yang baru masuk SMP. Tapi mungkin langkah-langkahnya tak jauh berbeda.

Tahapan Pendaftaran PPDB Online SMP Negeri Pekanbaru

1. Pra Pendaftaran

Pertama adalah Pra Pendaftaran, tahap ini sudah berlangsung dari 20-25 Juni lalu. Ini merupakan tahapan dimana calon siswa/siswi melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat melanjutkan ke jenjang pendidikan.

Karena tahapan ini sudah lewat, saya tidak menjelaskan secara rinci karena kemarin yang mengurus Ibu saya.

2. Pendaftaran

Tahap berikutnya adalah Pendaftaran. Ini yang akan saya jelaskan nanti. Proses ini intinya calon peserta didik memilih jalur, sekolah tujuan, dan mengunggah berkas di situs ppdbpekanbaru.id.

Lama waktunya sekitar 6 hari, mulai tanggal 29 Juni sampai 5 Juli 2022. Dalam jangka waktu tersebut, calon siswa memiliki satu kali kesempatan untuk mengubah formulir pendaftaran.

3. Verifikasi Data oleh Sekolah Tujuan

Setelah mengisi formulir yang dibutuhkan untuk daftar PPDB Online SMP Negeri, tahap berikutnya adalah menunggu proses verifikasi data dari pihak sekolah tujuan.

4. Pengumuman

Apabila pendaftaran disetujui, tahap selanjutnya adalah pengumuman dan penetapan calon siswa. Tahap ini akan diumumkan pada tanggal 7 Juli 2022 oleh Kepala Satuan Pendidikan.

5. Daftar Ulang

Nah, tahapan terakhir adalah Daftar Ulang. Jika dinyatakan lulus, Anda bisa datang langsung ke sekolah tujuan untuk melakukan daftar ulang sebelum mengikuti kegiatan belajar.

Cara Daftar PPDB Online di ppdbpekanbaru.id

Nah, setelah tahu apa saja tahapan yang harus dilalui, berikut ini adalah panduan cara daftar PPDB Online Pekanbaru untuk masuk sekolah SMP Negeri melalui situs ppdbpekanbaru.id. Simak sampai tuntas, ya!

  • Pertama buka situs https://app.ppdbpekanbaru.id/
  • Kemudian login dengan akun yang diberikan pihak sekolah (email & password)
  • Setelah masuk ke akun Anda, klik menu "Pendaftaran"
  • Di formulir pertama, klik (+Tambah) untuk memilih jalur dan tujuan sekolah

  • Kemudian akan munjul identitas sekolah, jika sudah sesuai klik "Ya, Yakin!"

  • Berikutnya klik Lanjut
  • Lalu masuk ke formulir Unggah Berkas
  • Unggah foto Ijazah atau Surat Keterangan Lulus, KK, dan Akte Kelahiran
  • Jenis berkas yang diperbolehkan harus jpg/jpeg/png/pdf, maksimal ukuran file 2MB

  • Jika sudah, klik Unggah Dokumen dan klik Lanjut

  • Cek Pakta Integritas, apakah semua data sudah sesuai

  • Kalau tidak ada yang salah, klik "Setuju & Kunci"

  • Setelah itu, klik "Ya, Yakin!"
  • Terakhir, cetak bukti pendaftaran lewat printer

  • Kalau di rumah tidak ada printer, Anda bisa print di warnet terdekat

Sampai tahap ini cara daftar PPDB Online sudah selesai. Namun, Anda masih harus menunggu proses verifikasi data dari SMP Negeri yang dituju.

Apabila, pendaftaran disetujui pihak sekolah, bagian “Belum Diverifikasi” pada akun PPDB akan berubah jadi “Diterima”. Di sini Anda tinggal datang ke SMP tujuan dengan membawa bukti pendaftaran yang sudah di-print.

Penerimaan siswa direncanakan berlangsung pada tanggal 7 Juli 2022. Sementara batas akhir pendaftaran PPDB Online Pekanbaru adalah tanggal 5 Juli 2022.