5 Situs Cek Plagiat Skripsi Gratis yang Bagus dan Akurat 2022

situs cek plagiat skripsi

Mengecek plagiat sangatlah penting bagi siapapun yang sedang menyusun skripsi. Karena ketika skripsi terbukti plagiat maka sama saja dianggap mencuri. Ada banyak situs yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek plagiat pada skripsi ini.

Situs tersebut bisa dimanfaatkan secara mudah dan praktis, oleh segenap civitas akademika seperti mahasiswa maupun dosen dalam memeriksa hasil skripsi yang telah dikerjakan.

Nah, jika saat ini Anda adalah seorang dosen atau mahasiswa, maka wajib mengetahui daftar situs plagiat skripsi gratis dan akurat berikut ini.

Daftar Situs Cek Plagiat Skripsi

1. DupliChecker

Bagi siapapun yang sedang mencari situs cek plagiat skripsi gratis maka bisa menggunakan DupliChecker. Situs ini memiliki tampilan yang sederhana, namun hasil pengecekan plagiasi cukup akurat.

Untuk menggunakan situs gratis ini, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Kemudian pengguna bisa melakukan pengecekan plagiarisme gratis sebanyak 50 kali per hari.

Akan tetapi, jika tidak membuat akun, pengguna hanya bisa mengecek plagiat untuk satu dokumen saja. Sedangkan untuk versi berbayar, hingga saat ini DupliChecker masih belum menawarkan fitur ini.

2. Turnitin

Salah satu situs cek plagiat yang sangat populer saat ini adalah Turnitin. Semua tulisan yang diperiksa menggunakan Turnitin bisa dipastikan tidak akan memiliki kesamaan dengan dokumen lainnya. Baik itu di buku ataupun internet.

Namun demikian, pengecekan skripsi menggunakan Turnitin tidaklah gratis. Untuk harga akses Situs ini tergantung dari institusi yang bekerja sama dengan Turnitin.

Maka dari itu, bagi para mahasiswa yang ingin menggunakan situs ini harus konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak kampus.

3. PlagScan

Pengecekan plagiarisme skripsi kini bisa dilakukan secara online, salah satunya adalah menggunakan situs PlagScan. Di sini sudah tersedia versi demo dan berbayar.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup dengan upload dokumen skripsi yang sudah dibuat ke website PlagScan.

Kemudian PlagScan akan memindai dan mengidentifikasi jumlah plagiarisme yang ada di dalam skripsi tersebut.

Setelah selesai memindai, PlagScan akan menandai bagian mana saja yang terkena plagiat, sehingga pengguna bisa langsung mengubahnya.

4. Quetext

Situs Quetext mampu memberikan hasil pengecekan plagiarisme secara akurat, karena sudah menggunakan teknologi Deep Search.

Selain digunakan untuk mengecek plagiat pada skripsi, Situs ini juga bisa digunakan untuk cek plagiat tugas sekolah, artikel ilmiah, maupun blog.

Untuk menggunakan Quetext, pengguna bisa memilih versi premium maupun gratis. Dengan versi gratis, maka pengguna akan mendapatkan akses cek plagiat sebanyak 2.000 kata atau lima halaman.

Sedangkan pada versi premium, pengguna bisa mendeteksi hingga 100.000 kata atau 200 halaman. Quetext juga menawarkan jaminan keamanan data sehingga tidak perlu khawatir jika menggunakan situs ini.

5. Grammarly

Selanjutnya ada situs cek plagiat skripsi bernama Grammarly. Grammarly sangat populer karena dapat digunakan untuk memeriksa grammar bahasa Inggris.

Sedangkan untuk fitur pengecekan plagiasi ditawarkan oleh Grammarly terdapat dua versi yaitu gratis dan berbayar.

Cara cek plagiat skripsi menggunakan Grammarly pun sangat mudah, cukup memasukkan skripsi ke kolom yang tersedia. Selanjutnya Grammarly akan memprosesnya menggunakan database yang dimiliki.

Untuk akurasi yang diberikan sangat akurat dan tepat, karena hingga saat ini Grammarly sudah memiliki 16 miliar database dan menjadi yang terbanyak di dunia.

Itulah beberapa daftar yang bisa jadi referensi bagi Anda yang sedang mengerjakan skripsi. Dengan menggunakan situs tersebut maka proses pengecekan plagiarisme akan berlangsung dengan cepat dan mudah.

Karena plagiarisme dianggap sebagai tindakan penipuan, pemalsuan hak cipta, moral serta etika, maka sudah sepantasnya para mahasiswa maupun dosen mengetahui apa saja situs cek plagiat skripsi yang bagus dan akurat.