5 Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot Terbukti Paling Ampuh 2022

sinyal xl lemot

XL memang dikenal sebagai provider dengan jaringan yang tersedia di seluruh Indonesia. Tetapi, tak jarang ada keluhan sinyalnya yang lemot atau tidak bisa menjalankan internet. Sehingga membuat aktivitas jadi terganggu.

Selain Telkomsel dan Indosat, XL termasuk provider dengan jumlah pengguna terbanyak. Tentunya ini karena hadirnya ragam promo menarik, serta harga paket internet mudah. Terlebih, kalau dalam kondisi sehat, jaringan XL sangat kencang.

Nah, terlepas dari itu, bagi Anda yang sedang mengalami sinyal lemot dan ingin tahu solusinya, berikut saya jelaskan beberapa cara mengatasi sinyal XL lemot. Jadi mari intip caranya langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Sinyal XL Lemot Paling Ampuh

1. Bersihkan Sampah Cache

Momok utama pengguna ponsel adalah sering lupa membersihkan sampah cache yang menumpuk begitu saja. Padahal sampah yang menumpuk seperti itu bisa menjadi penyebab provider bekerja lambat, salah satunya mempengaruhi juga dengan kinerja sinyal XL.

Untuk cara mengatasinya tentu begitu mudah serta tidak lama. Yaitu dengan pergi ke menu Pengaturan pada ponsel lalu cari menu Manajemen Aplikasi.

Setelah itu, cari aplikasi yang biasa digunakan untuk mengakses website, lalu hapus data cache pada aplikasi tersebut. Kemudian, cek kembali apakah provider sudah bekerja dengan normal kembali atau belum.

2. Bersihkan Riwayat Pencarian Browser

Cara yang kedua yaitu dengan membersihkan secara berkala riwayat pencarian pada web browser. Pengguna tinggal menuju ke web browser yang biasa digunakan untuk pencarian lalu klik menu bertanda titik tiga yang berada di atas.

Kemudian scroll sampai ke bawah sampai menemukan fitur histori. Kemudian jika sudah ketemu klik fitur Hapus Data Penjelajahan. Pasti banyak orang yang tidak menyangka bahwa riwayat pencarian juga bisa menyebabkan sinyal XL lemot.

Padahal, hal itu sangat berpengaruh karena pengguna melakukan pencarian menggunakan provider XL. Jadi, sudah tentu riwayat yang menumpuk akan membuat sinyal XL lemot.

3. Gunakan Pengaturan APN

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan pengaturan APN. Pengaturan APN bisa dilihat di masing-masing settingan ponsel. Cara mudahnya yaitu dengan membuka menu Pengaturan lalu cari menu Koneksi, dan pilih lagi menu Jaringan.

Setelah itu pilihlah menu nama poin akses dan yang terakhir klik menu Tambah. Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog terkait informasi tentang provider XL.

Pengguna bisa mengubah pengaturan APN menjadi 4G LTE XL. Jika sudah diubah, secara otomatis jaringan akan berpindah menjadi 4G. Pengguna pun sudah bisa menggunakan jaringan dengan nyaman dan tidak lemot lagi tentunya.

4. Gunakan Aplikasi dan Antena

Saat ini banyak aplikasi yang bisa dijadikan penguat sinyal suatu provider. Jika dengan cara di atas tidak menemukan titik terang, pengguna dapat menggunakan cara yang satu ini.

Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengunduh aplikasi penguat sinyal yang sudah bertebaran di Play Store. Jika sudah terunduh langsung saja jalankan aplikasinya dan nikmati jaringan yang stabil.

Selain aplikasi, pengguna juga bisa menggunakan antena penguat sinyal seperti GSM Repeater. Namun, untuk antena ini harganya memang cukup mahal yaitu sekitar satu juta rupiah.

Tetapi, memang kinerja yang ditawarkan sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Jadi pengguna tidak akan rugi jika membeli antena penguat sinyal ini. Terlebih performanya sudah banyak yang membuktikan!

5. Hubungi Call Center XL

Cara mengatasi sinyal XL lemot yang terakhir yaitu dengan langsung menghubungi call center provider XL. Cara ini bisa ditempuh apabila semua cara sudah dilakukan dan tidak ada perubahan satu pun.

Sinyal yang lemot bisa jadi disebabkan oleh kartu yang sudah rusak atau bisa juga karena memang jaringannya yang sedang bermasalah. Pengguna bisa menghubungi ke nomor 817 agar bisa terhubung ke layanan call center.

Lalu jika sudah tersambung, bisa langsung meminta bantuan ke petugas yang menerima panggilan tersebut. Bicaralah dengan jelas serta langsung sesuai tujuan. Namun ingat, ini biasanya hanya akan langsung dilayani pada jam kerja.

Demikian cara mengatasi sinyal XL lemot yang paling mudah serta cepat. Pengguna bisa menggunakan salah satu cara sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi. Jika sinyal telah membaik, maka aktivitas dengan ponsel pun kembali dapat dinikmati!