Cara Membuat STB TV Digital Sendiri di Rumah, Mudah dan Murah!

Cara Membuat STB TV Digital Sendiri

Saat ini banyak merk STB yang dijual di pasaran dengan harga beragam. Tapi kalau Anda punya peralatan kelistrikan, tak ada salahnya merakit Set Top Box sendiri. Sebab, cara membuat STB tv digital tak sesulit yang dibayangkan.

Bagi yang belum tahu, STB atau Set Top Box adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital. Karena pemerintah telah “mematikan” tv analog, sekarang STB termasuk barang wajib.

Bukan hanya sekedar menangkap sinyal, STB juga berfungsi mengubah kualitas siaran. Visualisasi jernih dan audio yang lebih baik adalah salah dua manfaatnya.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa ikuti panduan cara membuat STB sendiri dibawah ini. Nanti juga akan dijelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Penjelasan STB dan Fungsinya

Kebutuhan akan tv digital membuat masyarakat dipaksa memiliki STB. Namun karena harga yang mahal dan persediaan barang terbatas, tak jarang mereka harus membuat sendiri bermodalkan panduan Youtube.

Sekarang tv analog tak lagi menyiarkan tayangan. Sebagai gantinya, masyarakat harus menggunakan Set Top Box untuk mengonversi sinyal sehingga tampilan di tv berubah jadi digital.

Namun hal ini tak berlaku bagi yang memiliki Smart TV ataupun Android TV. Karena keduanya sudah terpasang teknologi digital dengan fitur lebih lengkap.

Sebenarnya pemerintah sudah punya program khusus pemberian STB gratis. Tapi, jumlahnya sangat terbatas dan hanya diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu.

Kalau Anda tak punya opsi membeli Set Top Box maupun dapat bantuan dari pemerintah, cara membuat STB sendiri di rumah bisa jadi alternatif. Terlebih, biaya bahan-bahannya tak lebih dari Rp80.000.

Bahan untuk Membuat STB (Set Top Box)

Sebenarnya ada banyak merk STB yang bisa kita beli di toko online maupun offline. Harganya sekitar Rp100.000 – Rp350.000 tergantung fitur dan kualitas. Tapi karena banyak peminat, tak jarang persediaannya habis.

Cara membuat STB sendiri di rumah tinggal merakit beberapa komponen saja. Tapi, kalian harus beli bahan-bahan berikut ini:

BahanJumlah
Triplek20x12 cm
Double Tape HitamSecukupnya
Kabel RCA1 buah
Kabel Power1 buah
Modul STB1 unit

Perlu diketahui, ketika membeli Modul STB sebaiknya pilih yang sudah satu paket sama kabel power dan RCA. Karena kalau beli terpisah, terkadang lubang colokan tidak sesuai dengan jenis kabelnya.

Penggunaan Modul STB bertujuan agar semua orang bisa membuat Set Top Box sendiri. Pasalnya, proses dari awal dibutuhkan banyak alat, komponen, dan pengetahuan tentang kelistrikan.

Cara Membuat STB TV Digital

Setelah semua bahan tersedia, langkah berikutnya tinggal memulai proses perakitan. Kalau ingin terlihat bagus, Anda bisa memotong ujung triplek dan mengecatnya. Triplek digunakan sebagai mainboard Modul STB.

Selain triplek, Anda juga bisa menggunakan wadah lain, seperti box nasi atau kardus yang sudah dibentuk kotak persegi.

Nantinya Anda tinggal merekatkannya dengan double tape. Pastikan beli yang berbahan foam karena lebih tebal dan merekat kuat.

Agar lebih jelas, berikut cara membuat STB TV Digital:

  • Pertama ambil papan triplek
  • Lalu gunting double tape dan tempelkan ke triplek
  • Selanjutnya rekatkan Modul STB ke permukaan triplek
  • Setelah itu colokkan kedua kabel

Sampai tahap ini Anda tinggal hubungkan STB ke televisi. Dari awal hingga akhir, modal untuk membuat STB sendiri sekitar Rp50.000 – Rp65.000. Tapi ini semua tergantung di mana Anda membeli Modul STB.

Akhir Kata

Perlu diketahui, panduan di atas sangat bergantung pada Modul STB. Sehingga kalian harus membelinya terlebih dahulu. Disarankan cari di Shopee atau Tokopedia, karena biasanya jarang ada di toko elektronik.

Demikian ulasan lengkap tentang cara membuat STB tv digital sendiri di rumah. Ini bisa jadi alternatif bagi kalian yang kekurangan biaya untuk membeli produk Set Top Box. Apalagi tinggal rakit-rakit tanpa perlu paham kelistrikan.