Cara Menghilangkan Spin Maze di Android, Waspadai Aplikasi Ini!

Cara Menghilangkan Spin Maze

Spin Maze adalah aplikasi yang dapat membahayakan smartphone Android, khususnya merk Oppo. Oleh sebab itu, pengguna wajib mengetahui cara menghapus aplikasi Spin Maze agar tidak mengganggu kinerja perangkat.

Biasanya, Spin Maze muncul secara tiba-tiba dengan tampilan atau toolbar yang tidak familiar. Selain itu dalam kasus lain, ketika membuka browser atau aplikasi kita dialihkan ke halaman aneh, atau iklan yang nggak bisa ditutup.

Tak jarang juga muncul pop-up, banner, hingga pintasan web browsing yang sangat mengganggu aktivitas. Umumnya ini berlangsung terus menerus dan sulit dikendalikan.

Untungnya ada cara mudah untuk menghilangkan Spin Maze di hp Android Oppo. Kamu hanya perlu melakukan uninstall pada aplikasi SpinMaze dari sistem. Kalau tidak, kendala ini akan terus berulang dan memberi efek serius pada perangkat.

Sekilas Tentang Spin Maze

Spin Maze adalah sejenis Browser Hijackers yang biasa dimanfaatkan sebagai advertising tools atau iklan online. Meskipun bukan sebuah virus, namun efek yang diakibatkan Spin Maze cukup berbahaya membahayakan perangkat.

Salah satu contohnya pencurian data dari aktivitas pengguna. Ketika pop up dan banner iklan muncul, pengguna yang tak sengaja mengklik tak sadar kalau mereka sudah masuk perangkap.

Nantinya si pembuat Spin Maze bisa leluasa memantau traffic pengguna, baik melalui aktivitas browsing maupun media sosial.

Data tersebut nantinya akan berguna untuk informasi marketing, yang mana mereka bebas menampilkan iklan di layar smartphone sesuai ketertarikan kamu.

Keuntungan yang didapat berasal dari iklan Pay-Per-Click, dimana setiap kali pengguna mengklik ikan, mereka akan memperoleh penghasilan. Bayangkan jika ada ribuan orang yang masuk perangkap mereka?

Disamping itu, bukan tidak mungkin mereka juga menyelipkan virus Trojan ataupun Ramsomware di iklan-iklan tersebut. Tentunya ini termasuk ancaman serius yang dapat merusak semua sistem perangkat.

Kalau kamu mengalami masalah ini, penting untuk mengetahui cara menghapus pintasan Spin Maze. Pastikan simak ulasan berikut agar terhindar dari efek serius.

Cara Menghilangkan Spin Maze di Android

Pengguna hp Oppo maupun Android lainnya harus benar-benar menghapus Spin Maze dari sistem. Jadi bukan hanya aplikasinya saja yang di-uninstall. Kalau sebatas aplikasi, kamu akan terus-menerus mengalami masalah ini.

Untungnya, ini bisa diatasi dengan mudah. Berikut panduan cara menghilangkan Spin Maze di Android (hp Oppo, Xiaomi, Samsung, Infinix, Vivo, Realme):

  • Kalau belum punya aplikasi Gboard, download dulu di Play Store
  • Selanjutnya masuk ke Pengaturan > Pengaturan Tambahan
  • Kemudian pilih Bahasa dan Metode Masukan
  • Lalu pada bagian “Papan ketik....” klik Default dan pilih Gboard
  • Setelah itu hapus aplikasi Spin Maze dengan cara tap tahan dan klik tanda silang

Sampai tahap ini masih belum sepenuhnya selesai, karena jarak beberapa menit aplikasi Spin Maze akan muncul kembali. Lantas bagaimana cara menghilangkan Spin Maze permanen atau selamanya? Begini langkah-langkahnya.

  • Pertama buka lagi Pengaturan > Pengaturan Tambahan
  • Lalu pilih Manajemen Aplikasi > Semua
  • Scroll ke bawah cari TouchPal for OPPO
  • Langsung saja klik Hapus Data dan Hapus Cache
  • Setelah itu klik juga tombol “Paksa Berhenti”

Dengan mengikuti cara di atas dijamin aplikasi Spin Maze akan lenyap dan tidak muncul lagi. Ke depannya kamu nggak akan terganggu dengan pop up, iklan, maupun situs aneh yang terbuka secara tiba-tiba.

Tapi pastikan untuk tetap waspada ketika mengunduh aplikasi secara ilegal dan membuka situs. Karena cara kerja Spin Maze maupun virus berbahaya lain diawali oleh pengguna yang tidak sengaja mengklik banner atau pop up yang muncul.

Apakah Spin Maze Membahayakan Perangkat?

Seperti penjelasan di awal, Spin Maze tidak benar-benar berbahaya bagi smartphone. Namun tetap jadi ancaman karena sering memunculkan iklan, banner, dan pop-up yang mengganggu. Terlebih muncul secara terus-menerus.

Kalau sudah seperti ini, peluang pengguna untuk terjebak akan sangat besar. Sehingga para penjahat digital bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan.

Semua pengguna smartphone tentu tak ingin privasi mereka disalahgunakan. Apalagi data-data dari history browser digunakan untuk kepentingan marketing oleh suatu kelompok atau perusahaan.

Dengan mengikuti panduan cara menghilangkan Spin Maze pada ulasan ini, tak perlu khawatir lagi soal keamanan data dan privasi. Semoga bermanfaat dan tetap waspada, ya!