Panduan Lengkap PPDB Jakarta Online 2020

Cara Pendaftaran PPDB Online – Di tengah kondisi seperti saat ini, PPDB Jakarta mulai dibuka pada hari Kamis 11 Juni 2020 secara online hingga 3 Juli 2020 setiap hari kecuali hari libur dan tanggal merah.

Buat anda yang ingin melakukan prapendaftaran PPDB bisa langsung mengunjungi situs ppdb.jakarta.go.id milik pemerintah DKI Jakarta.

PPDB online adalah sebuah sistem yang dibuat dengan tujuan pendaftaran siswa baru baik dalam jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga SMK yang dilakukan secara daring tanpa tatap muka maupun antri.

Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB online meliputi proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi yang dapat dilakukan di rumah dan tak perlu datang ke sekolah.

Setelah prapendaftaran dilakukan, peserta yang mengikuti PPDB harus melakukan aktivasi akun dengan cara mengajukan token atau PIN untuk selanjutnya melakukan proses pendaftaran dengan akun yang telah aktif pada situs PPDB Jakarta.


Syarat Peserta Didik yang Bisa Mendaftar

1. Siswa yang tinggal di DKI Jakarta berdasarkan Kartu Keluarga (KK) dan bersekolah di luar wilayah DKI Jakarta.

2. Siswa yang bertempat tinggal di luar wilayah DKI Jakarta berdasarkan Kartu Keluarga (KK) dan bersekolah di DKI Jakarta.

3. Siswa yang lulus pada tahun sebelumnya (paling lama 2 tahun).

4. Siswa yang bertempat tinggal di luar wilayah DKI Jakarta berdasarkan Kartu Keluarga (KK) dan sekolah di luar wilayah DKI Jakarta.

5. Siswa yang  berasal dar SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama).

6. Siswa yang bersekolah di sekolah asing, namun dengan melampirkan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, serta mengikuti seleksi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan selama masa PPDB.

Panduan Lengkap PPDB Jakarta

Ada lima tahapan yang harus dilakukan buat Anda yang ingin melakukan pendaftaran PPDB Jakarta secara online. Bagi Anda yang sudah memenuhi syarat di atas, simak panduan lengkap cara pendaftaran PPDB Online Jakarta di bawah ini.

Langkah dan Cara Prapendaftaran PPDB Online Jakarta 2020


1. Pastikan Anda menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dengan cara scan atau bisa juga dengan memfoto dokumen yang terdiri dari kartu keluarga (KK), sertifikat akreditasi, surat keterangan yang diberikan oleh kelurahan atau akta kelahiran, nilai rapor, dan terakhir surat pertanggung jawaban mutlak keabsahan dokumen.

2. Setelah dokumen di atas sudah Anda siapkan, selanjutnya buka situs https://ppdb.jakarta.go.id/ di browser.

3. Setelah masuk ke situs PPDB Jakarta, cari arahan pendaftaran menurut jenjang pendidikan Anda (SD, SMP, SMA, SMK) klik Ajuan Akun.

4. Kemudian akan muncul formulir yang harus Anda isi, mulai dari tahapan nomor peserta, info peserta, dan cek ulang.

5. Unggah persyaratan dokumen yang telah dipersiapkan di awal.

6. Setelah dokumen terunggah, cetak tanda bukti pengajuan akun yang berisi nomor token/PIN.

7. Setelah akun Anda terverifikasi, lakukan aktivasi akun, lalu pendaftaran sudah dapat dilakukan.

Adapun berkas-berkas atau dokumen yang perlu disiapkan untuk Prapendaftaran PPDB DKI Jakarta Online berbeda-beda tergantung jenjang pendidikannya.

Kalau calon siswa Sekolah Dasar (SD) dokumen yang diperlukan pernyataan pertanggung jawaban mutlak tentang keabsahan dokumen dari orangtua atau wali yang telah diberi materai 6000. Syarat lainnya adalah kartu keluarga, dan akta kelahiran.

Sedangkan calon murid SMP dan SMA persyaratan dokumen yang diperlukan adalah KK, akta kelahiran, rapor kelas 4, kelas 5, kelas 6 semester 1, rapor kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 semester 1 (untuk SMA).

Syarat lainnya yang wajib dilampirkan adalah sertifikat akreditasi sekolah asal dan surat pernyataan pertanggungjawaban mutlak tentang keabsahan dokumen dari orantua atau wali yang telah diberi materai 6000.

Terakhir untuk calon siswa SMK, syarat berkas-berkas yang diperlukan kartu keluarga, akta kelahiran, sertifikat akreditasi sekolah asal dan surat pernyataan pertanggungjawaban mutlak tentang keabsahan dokumen dari orantua atau wali yang telah diberi materai 6000, dan rapor kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 semester 1.

Langkah dan Cara Pengajuan Cetak PIN/Token PPDB Jakarta


1. Buka situs https://ppdb.jakarta.go.id/ di browser
2. Cetak token/PIN dengan cara klik tombol "Ajuan Akun"
3. Isi tahapan formulir yang diberikan
4. Cetak tanda bukti yang isinya nomrr token/PIN
5. Setelah nomor token/PIN diterima, Anda bisa lanjut ke proses aktivasi PIN/token dan tahap pendaftaran berikutnya

Langkah dan Cara Aktivasi PIN/Token PPDB Jakarta Online 2020


1. Buka situs https://ppdb.jakarta.go.id/ milik pemprov DKI
2. Klik tombol aktivasi PIN/token dengan cara masukkan nomor peserta (dari daftar nominasi tetap untuk PPDB SMP, SMA, dan SMK) dan token
3. Ganti PIN/token bawaan dengan password peserta (password-nya terserah)
4. Tahap pendaftaran sudah dapat dilakukan setelah aktivasi PIN/token berhasil

Langkah dan Cara Pendaftaran PPDB Jakarta Online

1. Sama dengan cara sebelumnya, buka situs https://ppdb.jakarta.go.id/
2. Masuk atau login dengan menginput nomor peserta dan password akun yang telah dibuat
3. Pilih sekolah yang dituju
4. Terakhir cetak tanda bukti pendaftaran

Langkah dan Cara Lapor Diri PPDB Jakarta 2020

1. Buka situs https://ppdb.jakarta.go.id/
2. Masuk atau login dengan cara memasukkan nomor peserta dan password
3. Klik tombol Lapor Diri
4. Terakhir cetak tanda bukti bahwa Anda sudah menyelesaikan tahapan lapor diri

Itulah tahapan  dan cara pendaftaran PPDB Jakarta secara online yang harus dilakukan untuk calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikan baik SD, SMP, SMA, dan SMK.

Sekian artikel tentang panduan lengkap PPDB Jakarta Online 2020 mulai dari pendaftaran, aktivasi PIN/token PPDB Jakarta, hingga cara lapor diri PPDB Jakarta. Baca juga informasi tentang ayat seribu dinar.

Referensi: https://tirto.id/ dan https://ppdb.jakarta.go.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel